Empat Orang Masih Buron, Polisi Yakin Masih di Jayapura

AKBP Gustav R Urbinas (Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Empat dari enam tahanan yang kabur di Tahanan Polsek Abepura pada Minggu (5/7), sedang dilakukan pengejaran oleh tim gabungan yang sudah dibentuk oleh Polresta Jayapura Kota.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas menyampaikan, selain melakukan pengejaran, pihaknya juga sudah menghubungi para keluarga daripada tahanan yang kabur untuk memintai bantuan mereka secara kooperatif untuk menyerahkan para tahanan kepada pihak kepolisian.

“Supaya kita bisa memperlakukan mereka dengan baik, mereka juga harus mempertanggung jawabkan perbuatannya secara hukum. Yang lebih penting, kondisi kesehatan mereka yang status terakhir terpapar covid-19 harus menjadi kewaspadaan dan keluarga mengerti itu,” ucap Kapolresta usai sertijab Kasat Lantas dan Kasat Reskrim di Mapolresta Jayapura Kota, Rabu (15/7).

Kapolresta memastikan empat tahanan yang melarikan diri dengan KW, LW, NK dan AS masih berada di seputaran Jayapura dan sekitarnya. Mereka tidak akan  keluar menggunakan  transportasi laut atau udara ke luar Provinsi atau Kota Jayapura. “Mereka masih bersembunyi dan berlari-lari terus,” kata Kapolresta.

Pihaknya juga hingga saat ini belum mengeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap keempatnya. Sebab, hingga saat ini anggota di lapangan masih terus melakukan pengejaran.

“Saya  pikir belum  perlu dikeluarkan  DPO, nanti kalau kita sudah kehilangan waktu dan akal  barulah kita  keluarkan DPO sebagai status terakhir. Namun, kita masih terus melakukan penyelidikan  keberadaan mereka dan mengejar mereka,” ucapnya.

Adapun yang menjadi evaluasi pengawasan pasca kaburnya enam tahanan dimana dua tahanan telah diamankan di tahanan Mapolsek Abepura, pihaknya lebih tingkatkan pengawasan. Yang jelas, psimologis para tahanan berbeda dengan psikologis dengan tahanan yang tidak mengidap Covid-19.

“Psikologi mereka stress tingkat tinggi lebih banyak gelisah untuk mencoba melarikan diri, karena hal ini kami sudah mengalaminya  kesekian kali. Posisi penjagaan di tahanan Polsek Abe sudah kita ubah, namun kerentanan dan resiko untuk anggota tertapapar Covid-19 menjadi masalah kami,” tuturnya.

Selain itu lanjut Kapolresta, seluruh perwira pengendali dan anggotanya sudah diganti. Hal ini  untuk lebih mempunyai tanggung jawab, seluruh perwira pengawas Polesta yang piket setiap harinya wajib mengontrol Rumah Sakit Bhayangkara dan bangunan baru Polsek Abe. Dimana wajib  melapokannya kepada Kapolresta kondisi di lokasi.“Kita juga sudah melengkapi  anggota jaga dengan APD yang lebih memadai,” pungkasnya. (fia/wen)

1 thought on “Empat Orang Masih Buron, Polisi Yakin Masih di Jayapura

  1. Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan,
    gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue…
    gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki….
    gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *