Terisolir, Distrik Ravenirara Sudah Terjangkau Internet

Proses droping peralatan Vsat yang akan dipasang di empat  kampung dan Kantor Distrik Ravenirara beberapa waktu lalu.Distrik Ravenirara kini  sudah dijangkau internet. (Robert Cepos)

SENTANI- Distrik Ravenirara merupakan bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Jayapura. Distrik ini dikenal sebagai salah satu daerah terisolir karena akses ke wilayah itu hanya bisa melalui jalur laut. Selain itu, wilayah itu juga awalnya belum tersentuh jaringan handphone maupun jaringan internet. Namun saat ini, keberadaanya sudah mulai berkembang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura sudah membuka akses melakui jalan darat meskipun baru pada tahap awal. Terbaru, distrik itu sudah dipasang akses internet melalui jaringan Vsat.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustav Griapon menjelaskan, ada 10 perangkat yang sudah dibawa ke daerah itu. Perangkat itu akan dipasang di empat kampung yang ada di distrik tersebut. Saat ini, proses pemasangan sedang berlangsung dan beberapa kampung sudah selesai.

“Sekarang mereka sudah  mulai terbuka dari keterisolasiannya, karena kami sudah fasilitasi pemasangan jaringan internet menggunakan Vsat,” kata Gustav Griapon saat ditemui, Sabtu (11/7).

Dia menjelaskan, empat kampung yang menggunakan layanan jaringan Vsat ini masing-masing dipasang dua perangkat. Satu perangkat dari masing-masing kampung itu untuk menunjang kegiatan dan aktivitas di kantor. Sementara satu perangkat lainnya digunakan untuk kegiatan usaha yang nantinya akan dikelola oleh Bumdes.

“Di sana masing-masing kampung itu ada Bumdes, sehingga masyarakat juga bisa mengakses internet melalui jaringan yang disediakan melalui Bumdes. Pemerintah berharap semoga ini bisa bertumbuh dan berkembang,” tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *