Pilkada Yalimo Masuki Tahap Perekrutan PPDP

Ketua KPU Yalimo. Yehemia Walianggen

WAMENA- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo Yehemia Walianggen,  mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pilkada  Yalimo tahun 2020 ini sementara memasuki tahapan rekrutmen Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) setelah mengaktifkan kembali tahapan yang terhenti pasca wabah corona.

    Menurutnya,  perekrutan PPDP berdasarkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yaitu 327. PPDP ini akan bertugas melakukan pemutakhiran data yang tersebar di kampung yang ada di 5 Distrik yang ada di KPU Yalimo.

   “Teman-teman (komisioner) sudah turun ke distrik-distrik untuk rekrutmen PPDP. Saat ini kami fokus buat rekapan, persiapan pelantikan dan bimtek,” ungkapnya Sabtu (11/7) kemarin.

   Pembekalan kepada PPDP di distrik-distrik sudah dilakukan karena KPU menargetkan pada Juli, mereka sudah melakukan pemutakhiran data pemilih, sehingga data pemilih yang dimutakhirkan bisa lebih cepat didapatkan KPU untuk mempersiapkan Pilkada.

  “Kemarin kita sosialisasi di Distrik Apalapsili. Juli ini mereka harus turun ke kampung-kampung melakukan pemutakhiran data, sehingga rencananya tanggal 13 atau 14 kita lantik mereka,” kata Walianggen

   Pasca penghentian sementara tahapan pilkada karena Covid-19, KPU Yalimo telah mengaktifkan kembali PPD serta PPS, termasuk berkoordinasi dengan stekholder terkait, tim gugus tugas penanganan Covid-19, Bawaslu maupun aparat keamanan.

   “Ketika tahapan diaktifkan, PPD dan PPS juga kami aktifkan dan beberapa minggu lalu sudah lakukan sosialisasi, Bimtek PPD terkait lanjutan tahapan sebagaimana PKPU 5 Tahun 2020 tentang tahapan program,” katanya.

   Mantan Ketua Bawaslu Yalimo ini memastikan pencairan hibah daerah untuk pilkada sudah dilakukan dua tahap dari pemerintah daerah kepada KPU Kabupaten Yalimo sebesar 60 persen dari diusulkan oleh KPU sebelumnya.

   “Setelah 40 persen itu, kemarin sudah dicarikan 60 persen jadi sudah droping ke rekening KPU. Jadi tidak ada beban lagi di pemerintah,” katanya.

    Dalam melakukan berbagai tahapan ke distrik-distrik, penyelenggara pemilu di Yalimo tetap mengutamakan protokol kesehatan di tengah pandemi corona, misalnya menggunakan masker, sambil menuggu alat pelindung diri (ADP) dari KPU RI.

   Ia mengharapkan seluruh masyarakat mendukung KPU bersama jajaran dalam pelaksanaan tahapan hingga pungut hitung nantinya. “Kami minta dukungan moril dari semua masyarakat sehingga tahapan bisa berjalan dengan baik dan harapan kami Pilkada berjalan sukses,” tutup Walianggen. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *