TCM Telah Difungsikan, RSUD Biak Mulai Lakukan Uji Swab 

dr. Ricard Ricardo Mayor, M.Kes   (fiktor-cepos)

BIAK-Setelah dilengkapi dengan Bio Safety Cabonet (BSC), satu unit Tes Cepat Molekuler (TCM)  di RSUD Biak mulai fungsikan untuk pemeriksaan specimen swab. Meski specimen yang diperiksa terbatas karena sesuai dengan kapasitas TCM  tersebut, namun setidaknya sudah bisa membantu dalam mempercepat untuk memastikan seseorang tertular Covid-19 atau tidak.

  Direktur RSUD Biak dr. Ricard Ricardo Mayor, M.Kes saat dikomfirmasi mengatakan, bahwa pemeriksaan specimen sudah dilakukan pihaknya dengan bantuan 1 unit TCM yang sudah dilengkapi BSC. Hanya saja, pemeriksaan specimen swab itu jumlahnya masih terbatas dan untuk sementara difokuskan pada Pasian Dalam Pengawasan (PDP).

   Selain itu, juga dilakukan juga lebih fokus terhadap perkembangan pasien positif  terkomfirmasi Virus Corona yang dirawat di RSUD Biak. Perkembangan kesehatan pasien Covid-19 dilakukan dengan melakukan pemeriksaan melalui uji specimen swab, kalau hasilnya sudah dua kali negative dalam pemeriksaan maka sudah dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang.

   “Kami sudah melakukan uji specimen swab dengan bantuan 1 unit TCM di RSUD Biak, tapi memang jumlahnya masih terbatas. Makanya kami lebih fokus pada pasien dengan status PDP,” katanya.

   Sementara satu unit TCM di Puskesmas Biak Kota diupayakan dalam waktu dekat sudah bisa difungsikan. Saat ini pemasangan peralatan pendukung, dalam hal ini BSC sementara dilengkapai dan diupayakan seceptanya tuntas lalu difungsikan untuk memback up satu 1 TCM yang sudah difungsikan di RSUD Biak.

   “Kalau untuk TCM di Puskemas Biak Kota sementara dilengkapi, intinya BSC sudah lengkap dan sementara dipasang,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Daud N. Duwiri, S.KM.,M.Kes kepada Cenderawasih Pos saat dikomfirmasi secara terpisah, Jumat (10/7) kemarin.

   Dikatakan, dengan adanya 2 TCM itu akan mampu memback up pemeriksaan specimen swab melalui PCR. Pasalnya, untuk 1 TCM dan setiap kali pemeriksaan dengan TCM bisa memeriksa 3 sampel kurang lebih 1 jam. Dengan begitu, maka pemeriksaan bisa sampai 75 – 100 spesimen swab. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *