Pelaku Pencurian di RSUD Abe Ditetapkan Tersangka

Kapolsek Abepura, AKP Clief Gerald Philipus Duwith (Yewen/Cepos)

JAYAPURA- Pihak Kepolisian Sektor (Polsek Abepura berhasil menetapkan pelaku pencurian berinisial JYE (20) sebagai tersangka kasus pencurian handpone yang terjadi di salah satu ruangan yang berada di UGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura Kota Jayapura, Kamis (9/7) kemarin.

Kapolsek Abepura, AKP Clief Gerald Philipus Duwith melalui Kanit Reskrim Polsek Abepura, Iptu Jetny. L Sohilait,  saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya telah menetapkan pelaku pencurian handphone sebagai tersangka.

“Ya, benar sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangka ini berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh kami terhadap tersangka dan barang bukti (BB),” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat (10/7).

Menurut  Sohilait, untuk barang bukti (BB) berupa satu buah handphone sudah berhasil diamankan oleh pihaknya bersama tersangka, sedangkan satu handphone lagi masih belum ditemukan karena dibawa kabur oleh temannya berinisial RE yang kini masih dilakukan pengejaran.

“Untuk handphone yang satu masih dicari keberadan temannya yang satu belum terlhat di rumahnya, sehingga masih dilakukan pencarian dan pengejaran,” ucapnya.

Sohilait menyatakan, RE yang merupakan teman tersangka bisa dijerat dengan beberapa pasal seperti pasal penggelapan 372 KUHP dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara, Pasal 362 Jo 55 tentang Turut serta Membantu Pencurian atau Pasal Penadah 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.

“Lebih pas untuk menjerat temannya tersangka berinisial RE ini dengan Pasal 480 KUHP tentang Penadahan dengan ancaman penjara maksimal 4 tahun,” ujarnya.

Sohilait berhasil, temannya tersangka berinisial RE yang masih membawa satu handpone ini bisa segera mengembalikan handpone dan menyerahkan diri kepada pihak kepolisian Polsek Abepura.

“Kami harapkan agar agar RE diserahkan diri dan barang bukti (BB) diserahkan ke penyidik,” harapnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *