Wajib Terapkan Prokes, Warga Diminta harus Sadar dan Disiplin

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., mengecek standar Protokol Kesehatan di Supermarket Mega Waena, bersama Sekda Kota Jayapura, Kadisperindagkop, Kasatpol PP Kota dan Pimpinan Supermarket Mega, Selasa (7/7) lalu. (Priyadi/Cepos)

Melihat Kesiapan Supermarket dan Mall Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan

Supermarket dan Mall di Kota Jayapura diwajibkan menerapkan Protokol kesehatan dalam melayani pengunjung yang berbelanja disaat wabah Covid-19 yang belum hilang dari Kota Jayapura? Lalu Bagaimana kesiapannya?

Laporan:Priyadi

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., telah melakukan kunjungan di tiga tempat usaha supermarket dan mall di Kota Jayapura yakni supermarket Mega Waena, Saga Mall Abepura dan Mall Jayapura, Hari Selasa (7/7) lalu untuk melihat standar dalam menerapkan protokol kesehatan dalam menyambut new normal di Kota Jayapura.

  Dari tiga tempat yang dikunjungi sebagai sampel tersebut, tampaknya wali kota mengaku sangat senang dan yakin, bahwa dalam penerapan protokol kesehatan untuk di tempat perbelanjaan sudah dijalankan dengan baik, mulai dari menyiapkan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, pengukuran suhu tubuh jika ingin masuk ke supermarket atau mall, membatasi pengunjung yang masuk dengan memberikan kartu pengunjung, mengatur tempat duduk pengunjung, bahkan setiap tenant juga diwajibkan menyediakan hand sanitizer, pengunjung dan karyawan wajib memakai masker.

“Untuk di Kota Jayapura supermarket dan mallnya sudah ikuti Protokol kesehatan, saya harap untuk tempat usaha toko-toko juga harus wajib menerapkan protokol kesehatan juga,’’pintanya.

Building Manager Mall Jayapura Johannes Makatita mengaku, pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, baik bagi karyawan di tempat maupun pegawai di mall Jayapura, semua instruksi, imbauan dan aturan pemerintah telah diikuti dengan baik, karena ini demi menjaga keselamatan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ia berharap semua pengunjung juga ikut mendukung instruksi wali kota, supaya bisa saling menjaga satu sama lain, karena penyebaran virus Corona ini tidak diketahui.  Oleh karena itu, apa yang menjadi aturan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 harus ditaati dengan baik.

  Di tempat terpisah Manager Saga Mall Abepura Harry Manuputty mengaku, untuk di Saga Mall Abepura, penerapan Protokol kesehatan dilakukan dengan baik sesuai anjuran Pemkot, pengunjung yang datang diberikan kartu pengunjung dan dibatasi supaya tidak terjadi penumpukan di dalam, selain itu, untuk masuk di Saga Mall Abepura pengunjung wajib memakai masker, diperiksa suhu tubuh, tangan harus diberikan hand sanitizer dan jika tidak mau mengikuti protokol kesehatan, maka petugas yang diminta untuk memeriksa pengunjung sebelum masuk berhak untuk meminta pengunjung tidak boleh masuk lagi.

“Protokol kesehatan ini ketat karena jangan sampai ada karyawan kami atau pengunjung terkena virus Corona, kita harus mendukung pemerintah Kota Jayapura dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sama-sama bisa jaga diri dan menerapkan protokol kesehatan,’’jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Yohana Dahlia pimpinan di Mega Supermarket, pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan bagi karyawan maupun pengunjung yang masuk, karena bagaimanapun walaupun masih dimasa Covid-19 yang belum hilang 100 persen, tetap perekonomian ini harus jalan, yang penting ikuti aturan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Karena ini salah satu kunci bagaimana memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan baik dan warga tidak banyak terdampak akibat wabah ini.

Oleh karena itu, semua wajib ikuti protokol kesehatan dengan baik, jangan bandel, malas tahu, harus mau sadar diri dan disiplin bagaimana caranya wabah Covid-19 ini bisa segera berakhir dan perekonomian warga bisa berjalan dengan baik.(*/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *