Tarung Drajat Butuh Peralatan Latihan

Salah satu atlet Tarung Derajat Papua usai melakukan latihan di Wisma Soccer Kotaraja, Jumat (10/7). (Paul for Cepos)

Masih Gunakan Eks PON Jabar

JAYAPURA – KONI Papua meminta agar 37 cabang olahraga yang kini digodok dalam TC jelang pelaksanaan PON XX 2021 mampu menorehkan prestasi bagi tanah Papua. Bahkan, momentum sebagai tuan rumah, KONI Papua mematok target bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya, bahkan bisa masuk pada 5 besar klasemen akhir.

Namun tentunya, target tersebut juga harus diimbangi dengan sara prasarana latihan yang memadai. Pasalnya, kualitas latihan tergantung dengan alat latihan itu sendiri. Seperti cabang olahraga Tarung Derajat yang saat ini tetap melakukan latihan dengan peralatan bekas PON Jawa Barat 2016 silam.

Ironisnya, beberapa kondisi peralatan latihan pun kini mulai rusak namun tetap digunakan hingga sampai saat ini.

“Kendala saat ini di peralatan latihan, sarung tinju, matras, body protector, samsak. Karena alat yang kami pakai saat ini bekas dari PON Jabar, karena waktu itu kami latihan di Jabar dan peralatan itu diberikan kepada kami dan kami bawa sehingga itu yang kami pakai saat ini,” ungkap Asisten Pelatih Tarung Derajat Papua, Paul Fingkreuw kepada awak media di sela-sela Bimtek KONI di Hotel Mercure Jayapura, Jumat (10/7).

“Tapi sayang, saat ini alat itu sudah mulai rusak, samsak kita sudah mulai sobek, sarung sudah sobek, cuman kita paksakan untuk kita pakai saja,” sambungnya.

Menurut Paul, mereka telah menyurati KONI berkali-kali. Hanya saja, sejak 2018 hingga saat ini mereka belum mendapatkan peralatan latihan.

“Kami sudah pengajuan sejak awal TC di bulan  Oktober 2018, kami sudah ajukan tapi sampai saat ini belum ada jawaban. Katanya semua masih dalam perjalanan,” cetusnya.

Padahal, cabang olahraga Tarung Derajat merupakan salah satu cabang olahraga andalan Papua. Saat PON XIX Jabar 2016 lalu, Tarung Derajat sukses meraih satu medali emas. Saat ini, Tarung Derajat tetap melaksanakan latihan dengan 24 atlet di Wisma Soccer Kotaraja, Jayapura. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *