Akan Dibangun Beberapa Kodim Baru di Wilayah Lapago 

Brigjen TNI. Izak Pangemanan (Denny/ Cepos)

WAMENA-Danrem 172/ Praja Wira Yakti Brigjen TNI. Izak Pangemanan memastikan akan membangun beberapa kodim baru di Wilayah Lapago pada tahun ini, karena ada beberapa kabupaten yang mulai dibangun markas Kodimnya dan ada juga yang baru dilakukan peletakan batu pertama. Untuk pengaktifannya akan dilakukan secara bertahap.

    Menurutnya,  pembentukan Kodim baru di wilayah Lapago  ini karena memang ada beberapa daerah yang cukup jauh jangkauannya, sehingga   diperlukan pembentukan beberapa Kodim   baru untuk melakukan pengamanan di daerah -daerah kawasan Lapago.

  “Yang sudah ada Kodim Yahukimo karena memang dari Jayawijaya ke Yahukimo cukup jauh, sehingga kita bentuk disitu untuk memberikan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat disana,” ungkapnya jumat (10/7) kemarin.

   Kata Izak Pangemanan kemudian ada kodim lagi yang baru dibentuk di Kabupaten Lanny Jaya, karena diketahui dari Wamena ke Lanny Jaya cukup jauh padahal disana ada masyarakat yang juga butuh pelayanan, sehingga dengan demikian akan memudahkan TNI untuk melayani masyarakat di Kabupaten Lanny Jaya.

   “Kemudian akan juga ada kodim baru di Kabupaten Nduga, Kabupaten Tolikara, dan Pegunungan Bintang dan diharapkan waktu tahun ini sudah bisa diresmikan pembangunan kodim di daerah -daerah tersebut,”kata Danrem 172/ PWY.

   Menurutnya, pembentukan kodim yang baru ini tak dilakukan secara serentak namun nanti ada yang baru dimulai pada 2021, 2022 dan 2023. Ini dilakukan secara bertahap, sehingga bagi daerah yang belum akan diprioritaskan untuk pembentukan koramil lebih dulu seperti Koramil Dekay  yang akan diresmikan dan Koramil Kenyam.

   “Yang lain masih dalam proses pembangunan, untuk Kabupaten Yalimo sementara masih belum dibentuk Kodim disana dan masih dicafer dari Kodim 1702/ Jayawijaya,”jelas Brigjen TNI Izak Pangemanan.

   Ia juga mengintruksikan kepada seluruh personilnya baik itu di tingkat Koramil, Kodim untuk membantu masyarakat mengembangkan sektor pertanian di wilayah Lapago. Sebab ia melihat ada potensi besar dari sektor pertanian yang bisa dikembangkan disini.

   “Wilayah Pegunungan tengah Papua sangat berpotesi dengan pengembangan beberapa komoditi selain komoditi lokal, oleh karena itu prajurit TNI harus membantu masyarakat dalam pengelolaan sektor pertanian di tempat tugasnya masing -masing,”beber Izak.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *