Tambang Emas Ilegal Bisa Hasilkan 1,5 Kg Emas Tiap Hari

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gusav R Urbinas saat memimpin penggerebekan  tambang ilegal di belakang Gunung Kampus IPDN Waena, Jumat (26/6).

DLHK Kota Jayapura Akui Informasi Lemah

JAYAPURA-Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura Ir.Hj. Ketty Kailola, M.Si.,melalui Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan DLHK Kota Jayapura Augusthinus T. Ondi., mengatakan, aktivitas illegal pencarian emas di wilayah Buper Waena, Distrik Heram,  yang kini sudah di Police Line.

Dia mengatakan jika dibiarkan terus menerus maka bisa membahayakan ekosistim dan keselamatan warga baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

‘’Memang dengan melihat kondisi saat ini, sudah cukup memprihatinkan karena sudah ada kubangan air atau embung yang dalamnya sekira 20 meter, jika nanti banyak menampung air dikhawatirkan embung ini bisa longsor mengakibatkan banjir bandang dan berbahaya bagi semua warga dan ekosistem di sana,’’ungkapnya, Kamis (9/7) kemarin.

  Dijelaskan, memang untuk hasil emas dalam sehari bisa 1-1,5 kg, tapi untuk kadar emasnya belum tahu karena masih dalam penelitian. Diakui, dulunya sekira 10 tahun lalu memang daerah di tempat tersebut sudah ada aktivitas penambangan secara tradisional dilakukan 5-15 orang dengan alat manual, tapi dari informasi yang didapat pada awal tahun 2020 telah terjadi aktivitas illegal pencarian emas menggunakan alat berat sampai 8 unit, ditambah lagi  pembukaan hutan dilakukan secara besar-besaran dan pembuatan embung air, dengan mendatangkan pekerja dari luar sampai puluhan.

“Kita akui informasi kita lemah, karena seharusnya jika ada aktivitas seperti ini Ketua RT/RW harus memberitahukan kepada kita, supaya jangan sampai seperti ini,’’jelasnya.

  Ditambahkan, kegiatan usaha illegal ini tanpa izin dan berada di atas gunung yang ketinggiannya hampir 100 meter diatas permukaan laut dan di daerah bawahnya ada komplek IPDN maupun pemukiman warga dikhawatirkan menimbulkan dampak longsor.

Apalagi kegiatan aktivitas illegal ini juga menggunakan bahan kimia berbahaya dalam hal ini seperti mercuri karena untuk memisah emas harus menggunakan air raksa atau mercury dan dikhawatirkan air raksa ini akan mengikuti aliran hidrologi yang dari Buper sehingga bisa mencemari air di sungai itu.

Sedangkan untuk jangka panjang bisa merusak ekosistem sekitar, termasuk jangka pendeknya kawasan ini sudah gundul.

“Dalam pembukaan hutan dengan cara menebang dan penggalian tanah hingga kedalaman 20 meter bisa menciptakan embung atau danau buatan yang dikhawatirkan airnya tidak terbendung bisa meluap dan menjadi banjir bandang,’’tandasnya.(dil/wen)

1 thought on “Tambang Emas Ilegal Bisa Hasilkan 1,5 Kg Emas Tiap Hari

  1. Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya,
    gimana caranya yaa…???
    buruan dech ke dupa88
    bikin hati senang kondisi dompetpun tenang….
    TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *