Tabrakan Beruntun,  Pengendara Motor Tewas

Anggota kepolisian saat mengevakuasi kendaraan yang terlibat tabrakan beruntun di Hawai Sentani, Rabu,(8/7) malam.

SENTANI-Tabrakan beruntun di Jalan Raya Hawai Sentani  Rabu, (8/7) malam, mengakibatkan  salah seorang pengendara motor meninggal dunia (tewas).

Kapolres Kabupaten Jayapura, AKBP Viktor Mackbon menjelaskan, tabrakan atau kecelakaan tersebut melibatkan truk Toyota Dyna PA 7532 JA yang dikemudikan Agus Munawir (37) yang sedang terparkir di pinggir bawah badan jalan, dengan mobil daihatsu terios PA 1632 RE yang dikemudikan AK (32), serta motor Yamaha Mio DS 4001 RC yang dikendarai Kristo Daniel Latuperisa (30). Kecelakaan itu terjadi di depan Kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Jalan Raya Hawai Sentani  Jayapura.

“Akibat tabrakan itu, pengendara motor Kristo Daniel Latuperisa (30) tewas di tempat kejadian,” kata Viktor Mackbon dalam release yang diterima media ini, Kamis (9/7).

Berdasarkan kronologi kejadian itu berawal saat truk Dyna PA 7532 JA yang sedang berhenti dan terparkir di bawah badan jalan sebelah kiri mengalami kerusakan, saat itu sopir juga sudah menyalakan lampu hazard (segitiga) sebagai tanda.  Berselang beberapa waktu kemudian, datang dari arah belakang (Abepura tujuan Sentani) mobil Terios PA 1632 RE yang dikemudikan AK (32), di mana dalam kondisi pengaruh  minuman keras melaju dengan kecepatan tinggi, saat itu pengemudi yang tidak mampu mengontrol kendaraannya mengakibatkan mobil oleng dan langsung menabrak bak belakang truk sehingga mobil terbalik di tengah badan jalan.

Disaat bersamaan datang dari arah yang sama pengendara sepeda motor Yamaha Mio DS 4001 RC yang dikendarai Kristo Daniel Latuperisa (30), berboncengan dengan Kalvin Patipeloihi (25) langsung menabrak mobil Terios yang masih dalam keadaan terbalik di tengah badan jalan.  Akibat dari kecelakaan tersebut  pengendara motor tewas di tempat kejadian.

Setelah kejadian itu, pengemudi truk langsung mengamankan diri ke Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura, kondisinya tidak mengalami luka, sedangkan pengemudi Terios diamankan anggota unit Lakalantas Polres Jayapura.

“Setelah kami lakukan olah TKP, dapat disimpulkan letak kelalaian ada pada pengemudi mobil Terios, di mana mengemudikan kendaraan dalam posisi kecepatan tinggi dan dalam pengaruh minuman keras,”katanya.

Terkait dengan itu, pihaknya mengimbau agar tidak mengemudikan kendaraan pada saat pengaruh minuman keras. “Ini dapat membahayakan keselamatan diri kita sendiri maupun keselamatan para pengguna jalan lainnya, tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama,” pungkasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *