Larang Gratifikasi dan Pangkas Seribu Lebih Eselon

ilustrasi

JAKARTA, Jawa Pos – Kementerian Agama (Kemenag) sedang gencar membangun reformasi birokrasi. Diantaranya upayanya adalah mempertegas larangan menerima gratifikasi untuk seluruh aparaturnya. Selain itu juga memangkas seribu lebih jabatan struktural atau eselon.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan mereka sudah memiliki komitmen pengendalian gratifikasi. Menurutnya pengendalian itu penting untuk terus dilaksanakan. ’’Di dalam regulasi yang baru, pegawai wajib menolak gratifikasi ilegal,’’ katanya kemarin (8/7).

Dia menjelaskan gratifikasi ilegal yaitu pemberian yang berhubungan dengan jabatan. Kemudian berlawanan dengan kewajiban atau tugas aparatur. Dia menjelaskan gratifikasi ada yang wajib dilaporkan dan tidak wajib dilaporkan. Kemenag menilai upaya menolak gratifikasi adalah bagian dari penegahan korupsi. ’’Tidak korupsi semestinya hadir bukan hanya pada perbuatan. Melainkan sejak dari pikiran kita,’’ paparnya.

Untuk mewujudkan reformasi birokrasi, Kemenag juga menerapkan perampingan birokrasi. Menag Fachrul Razi mengatakan usulan perampingan birokrasi mereka sudah dilayangkan ke Kementerian PAN-RB. Total ada 1.608 jabatan eselon atau struktural yang dihapus dan dialihkan ke jabatan fungsional.

Perinciannya adalah ada 409 jabatan eselon di kantor Kemenag pusat yang diusulkan dihapus. Kemudian di tingkat kantor wilayah (kanwil) ada 266 jabatan yang dihapus. Lalu di perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN) ada 933 jabatan diusulkan dihapus.

Menindaklanjuti usulan penghapusan itu, Fachrul mengatakan jajarannya sudah menyiapkan sejumlah program. Diantaranya adalah membuat peraturan terkait pengalihan dari jabatan struktural ke fungsional. Kemudian penataan struktur baru, penyesuaian bidang kerja, penghitungan ulang nilai dan kelas jabatan, serta pembuatan peta jabatan.

Sebelumnya Kementerian PAN-RB memberikan deadline perampingan birokrasi di Kemenag hingga 30 Juni. Sasaran pengeprasan jabatan itu ada di eselon III dan IV. Saat ini Kemenag memiliki 7.843 jabatan struktural atau eselon III dan IV. Mereka tersebar di kantor pusat dan unit Kemenag di daerah. (wan/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *