Disiplin Masih Rendah, New Normal Ditangguhkan!

Benhur Tomi Mano. (Erik / Cepos)

JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano MM mengakui, tingkat kedisiplinan dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam memutus penyebaran Covid-19 Kota Jayapura masih rendah.

Hal ini berdasarkan laporan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, bahwa pada saat dilaksanakan sweeping masker di jalan umum dan tempat usaha, dalam menerapkan protokol kesehatan masih lemah.

“ Jadi dengan melighat laporan tersebut, maka penerapan new normal life, sementara ini ditangguhkan dulu, karena pemerintah masih melakukan pembatasan waktu hingga pukul 18:00 WIT,” katanya.

Diakui, tingkat kesadaran dan kedisiplinan masyarakat memang ada yang masih rendah. Untuk itu, berdasarkan hasil keputusan rapat bersama dalam rencana melakukan Penerapan nilai normal, terpaksa harus diundur atau ditangguhkam dulu.

Kapan akan diberlakukan new normal? Wali Kota mengungkapkan akan melihat perkembangan penyebaran Covid-19 apakah semakin menurun atau meningkat, yang bisa dilihat dari reproduksi penyebaran melalui R0 jika sudah kurang dari 1 tentu bisa, karena saat ini R0 berdasarkan laporan yang diberikan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura R0 masih 1.8. Dimana syarat untuk melaksanakan tatanan kehidupan baru di kabupaten dan kota yaitu, RT-RO-nya harus di bawah 1.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *