Tiket Mahal, Pemkab Yahukimo Diminta Bantu Calon Mahasiswa

Momda Hosea Weipsa,SIP, (Robert Cepos)

SENTANI-Ratusan calon mahasiswa dari Kabupaten Yahukimo yang hendak melanjutkan pendidikan  ke perguruan tinggi di Jayapura terpaksa harus terganjal dengan kondisi mahalnya tiket pesawat yang saat ini sudah mencapai Rp 3-4 juta per penumpang.

   Ketua DPRD Yahukimo, Momda Hosea Weipsa,SIP, kepada wartawan di Sentani mengatakan mahalnya tiket pesawat ini menyebabkan ratusan calon mahasiswa ini terancam gagal melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

   “Penerbangan dari Dekai menuju Jayapura menggunakan pesawat perintis, tapi harga tiket yang semula itu hanya 600-700 ribu per penumpang, sekarang sudah naik jadi Rp 3 sampai Rp 4 juta,” kata Momda Hosea Weipsa, kepada wartawan di Sentani, Sabtu (4/7).

   Untuk itu dia meminta pemerintah daerah Yahukimo melalui Dinas Perhubungan supaya bisa mengambil peran untuk membantu mencarikan solusi supaya anak anak ini bisa terbang ke Jayapura. Bila perlu pemerintah perlu berupaya agar harga tiket ini bisa kembali normal seperti sedia kala. Selain itu, perlu ada kebijakan khusus untuk calon mahasiswa dan mahasiswa yang masih tertahan di Yahukimo semenjak awal pandemi covid ini berlangsung.

    “Sekarang situasi covid 19, pendapatan orang tua mereka  juga terdampak  pandemi ini sehingga mereka tidak sanggup untuk membeli tiket pesawat dengan harga jutaan rupiah. Karena ini tolong di upayakan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan supaya tiket pesawat ini harus kembali normal antara 500-600 ribu  perpenumpang,” ujarnya.

    Pihaknya berharap, agar masalah ini secepatnya perlu ditangani mengingat calon mahasiswa itu bisa  segera mendaftarkan diri di perguruan tinggi di Jayapura sesuai pilihan mereka. (roy/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *