Ini Dia Sosok Dosen Dibalik Cantiknya Dermaga Yoboi

Yokelin Tokoro

JAYAPURA – Beberapa pekan terakhir Dermaga Kampung Yoboi di Distrik Sentani Kota Kabupaten Jayapura cukup menarik perhatian netizen. Dermaga ini diwarnai menggunakan cat warna warni. Setelah mulai banyak dipublis di media sosial, banyak warga berdatangan bahkan ada yang datang dari Jayapura hanya untuk berfoto di lokasi tersebut. Dermaga warna warni Kampung Yoboi ini memang terlihat menarik, apalagi jika difoto dari udara.

Hanya tak banyak yang tahu jika dibalik cantiknya dermaga ini ada sosok dosen yang menjadi penggagas ide tersebut. Dosen tersebut adalah Yokelin Tokoro yang mengajar di Fakultas MIPA Uncen. Ia menceritakan bahwa awalnya ide ini muncul setelah melihat masa pandemo covid 19 yang membuat banyak orang lebih banyak berdiam diri di rumah. Nah ketimbang minim aktifitas, iapun mengajak beberapa pemuda untuk berdiskusi dan menyampaikan idenya untuk mengecat.

Ide ini akhirnya direspon positif kemudian ditindaklanjuti dengan berkoordinasi pemerintah kampun serta adat dan ternyata disetujui. “Awalnya saya ingin jadikan kampung ini warna-warni itu sejak tahun 2017. Saya coba mendesain (aplikasikan warna-warni) pada tiap rumah, tapi ketika itu agak susah untuk langsung membuat perubahan. Hingga dimasa pandemi ini saya coba suarakan lagi dan ternyata direspon sangat baik,” cerita Yokelin kepada Ceposonline.com

Setelah itu satu persatu mengumpulkan uang secara swadaya dan mulai bekerja cat. Setelah dikerjakan ternyata banyak orang yang peduli, mau membantu hingga bisa diselesaikan dalam waktu 4 hari. Ia menyebut hingga kini mereka telah menghabiskan 40 kaleng cat untuk dermaga dengan panjang sekitar 50 meter dan lebar 4 meter tersebut. “Jadi kami memulai dengan mengumpulkan uang dari kantong masing – masing dan puji Tuhan bisa berjalan hingga kini,” pungkasnya. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *