Data Aset di Sejumlah OPD Dinilai Banyak Tak Akurat

Lot Yensenem, SE., M.Si (Fiktor/Cepos)

BIAK-Pemerintah Kabupaten Biak Numfor kembali akan menindaklanjuti sejumlah catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap ketertiban Barang Milik Daerah (BMD). Pasalnya masih ada sejumlah OPD yang hingga saat ini belum bisa memberikan gambaran tentang BMD yang dimiliknya, baik dari gambaran akurat kondisi barang, jumlah maupun keberadaan aset-aset tersebut.

   Sesuai dengan jadwal, pekan depan tim dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kembali akan turun ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan pemeriksaan, khususnya OPD yang masih belum mampu memberikan gambaran tentang aset-aset yang dimilikinya.

  “Kami akan kembali turun melakukan pengecekan langsung di OPD tentang semua gambaran aset-aset ini, sudah beberapa kali disampaikan dan dilakukan langsung namun hingga saat ini masih saja ada OPD tidak memberikan gambaran secara rinci tentang aset dimilikinya,” kata Kepala BPKAD Kabupaten Biak Numfor Lot Yensenem, SE, MSi.

   Menurutnya, pengecekan yang akan dilakukan itu juga menindaklanjuti rekomendasi LHP BPK RI perwakilan Papua. Bahwa, masih ada sejumlah aset di sejumlah OPD yang masih belum mampu memberikan gambaran kondisi  yang akurat, baik dari segi jumlah, kondisi BMD serta keberadaannya maka diperlukan adanya validasi kembali.

  “Kami mengharapkan semua OPD juga ikut membantu agar memerintahkan kepada pengurus barang untuk menyiapkan data aset dan memberikan penjelasan yg diperlukan kepada petugas survey validasi nanti,” imbuh Lot Yensenem didampingi Sekretaris BPKAD Biak Numfur Gunadi.

   Sekedar diketahui, hingga dengan awal tahun 2020 BPKAD telah menarik puluhan kendaraan dinas, baik kendaraan dinas roda dua maupun roda empat. Kendaraan-kendaraan dinas itu telah didistribusikan ke sejumlah pejabat yang tidak memiliki kendaraan. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *