Pemkot Sudah Ajukan 5 Puskesmas Permintaan Pemprov

Wakil Wali Kota Jayapura, sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, saat berbincang bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame, M.Kes.,di Swiss Belhotel Jayapura, Jumat (3/7) kemarin. (GRATIANUS SILAS/CEPOS)

JAYAPURA- Wakil Wali Kota Jayapura, sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru menginformasikan bahwa 5 Puskesmas di Kota Jayapura sudah diajukan ke Pemerintah Provinsi Papua dalam penanganan Covid-19.

“Puskesmas ini terbagi di wilayah Jayapura Utara, Waena, Wahno, Koya Barat, dan RS Kotaraja. Puskesmas didorong untuk aktif dalam penanganan optimal Covid-19 di Kota Jayapura. Termasuk kerja sama dengan RT/RW dengan melibatkan masyarakat sebagai model dalam rangka memberikan sosialisasi kepada masyarakat lain, sehingga kita harap ke depan lebih efektif, ekonomis, mudah, gampang dikontrol, di mana pasien bisa isolasi mandiri di rumah,” terang Wakil Wakil Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, kepada Cenderawasih Pos, Jumat (3/7) kemarin.

Hal senada diungkapkan  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame, M.Kes., bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kota Jayapura dan telah menyamakan persepsi dalam rangka penguatan Puskesmas di Kota Jayapura.

“Arahan gubernur bagi kita untuk betul-betul membantu daerah terpapar Covid, khususnya Kota Jayapura. Dengan pertemuan ini kami bersama Dinkes Kota dan 13 Puskesmas di Kabupaten Jayapura, kami fokus membantu penguatan 5 Puskesmas secara masif di Kota Jayapura,” tambah, Dr. Robby Kayame, M.Kes.,  kepada Cenderawasih Pos, Jumat (3/7) kemarin.

Penguatan Puskesmas dinilai penting, terlebih dalam penataan dan penanganan Covid-19 di layanan tingkat masyarakat. “Dalam hal ini, Puskesmas bisa identifikasi OTG, ODP, maupun PDP, pelayanan pribadi dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dalam menjalankan isolasi mandiri dengan membangun kerja sama dengan RT/RW dan masyarakat,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *