Dewan Prihatin, Mama Papua Berjualan di Lahan Terbuka

Piet Haryanto Soyan (Robert Cepos)

SENTANI-Ratusan  mama-mama Papua yang berjualan di lahan terbuka di Pasar Pharaa Sentani, mendapat perhatian dari Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jayapura, Piet Haryanto Soyan.

Kepada wartawan di Sentani, Jumat (3/7), , Piet Haryanto Soyan mengaku prihatin dengan kondisi mama-mama Papua yang berjualan di depan Pasar Pharaa Sentani, di mana mereka  di lahan terbuka tanpa ada pelindung.  Oleh karena itu, dia meminta supaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan memperhatikan mama- mama Papua yang berjemur di terik panas matahari itu.

“Kami minta Pemkan Jayapura melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar memperhatikan mereka secara khusus. Ini kita bicara dana Otsus, berarti ada keberpihakan kepada orang Papua, harus ada program untuk melindungi mereka dari panas matahari,” kata Piet Haryanto Soyan kepada wartawan di Pasar Pharaa Sentani, Jumat (3/7).

Sejauh ini memang sudah ada perhatian dengan adanya bantuan payung, namun payung itu belum cukup dan juga kualitasnya belum terlalu bagus sehingga mudah patah atau rusak. Oleh karena itu, dia berharap supaya ada upaya lain yang harus dilakukan oleh dinas tersebut, misalnya membuat bangunan sederhana yang mempunyai atap  di tempat jualan mereka.

“Bantuan payung sudah ada, tapi masih kurang, kemudian kualitasnya juga tidak terlalu bagus karena tidak tahan. Kalau bisa dibuat bangunan sederhana yang penting ada atapnya. Alternatif lain mereka diarahkan ke dalam lapak yang disediakan,”katanya.

Dia mengaku, sejauh ini memang masih ada lapak kosong di dalam Pasar Pharaa Sentani, namun pihaknya menduga ada praktek jual beli lapak jualan di pasar tersebut oleh oknum tertentu. Untuk itu, Dinas Perindag diharapkan menyikapi persoalan ini dan mengatur pasar yang baik sehingga bangunan yang masih kosong di dalam pasar ini bisa dimanfaatkan secara maksimal.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *