28 Orang Dikubur Sesuai Protokol Kesehatan

Salah satu makam pasien Covid-19 yang dikubur di TPU Muslim Waena Jumat, (3/7) kemarin. (Noel/Cepos)

JAYAPURA –  Berdasarkan data yang dirilis dari gugus tugas penanganan Covid-19 jumlah pasien Covid-19 yang meninggal tak sampai 20 orang. Namun informasi yang diterima koran ini melalui penjaga kuburan di TPU Muslim Waena sudah ada 28 orang yang dikubur di tempat pasien Covid-19 dimakamkan.

” Ya, benar sudah ada 28 orang meninggal akibat Covid  suda di Kubur di sini,” kata Koordinator penjaga Kuburan Waena Hasan Jumat, (3/7) kemarin.

Ia menceritakan pada awal covid dirinya dan tim petugas tidak berani bersentuhan  di tempat kubur hanya mereka yang mengunakan Alat Pelindung Diri, (APD) yang melakukan penguburan sesuai aturan yang ada. “Dulu waktu awal covid kami juga petugas tidak berani dekat- dekat,” katanya.

Ia mengungkapkan sebagaimana biasanya  orang berkunjung ada keluarga  yang datang mau bangun rumah kuburan tapi pihaknya melarang seauai arahan pemerintah. ” Jadi kalau biasa begini mereka datang silakan saja tapi kalo bangun kami larang, kami juga  masih ikuti aturan pemerintah jadi belum bisa dibangun, ada yang datang dengan barang-barang bangunan semen, tapi kami larang jangan lama disini, ” Katanya yang tidak menjelaskan dampaknya seperti apa.

Dia menceritakan dari 28 orang tersebut ada  enak orang asli Papua yang dikubur juga, seperti ada marga Kogoya, Wenda,  dan marga Matuan,  sedangkan Aeroi bayi jadi sekitar 6 orang asli papua yang dikubur.  Sementara yang di kuburan umum ini suda sampai 140 untuk blok A,  Blok B 163, Blok c 169, Blok D 152, jadi ada sekitar 524 sudah dikubur,” katanya.

Sementara itu ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura Ir.H. Rustan Saru, MM.,mengatakan, untuk kasus pasien Covid-19 Kota Jayapura yang meninggal dunia akibat  Covid-19 dan dimakamkan di TPU Muslim Buper Waena hanya 10 orang. Namun jika ada yang menyebutkan lebih dari 10 oleh petugas pemakaman umum di sana juga benar.

Hal ini disebabkan, ada pasien yang meninggal dunia baru dinyatakan reaktif dan belum keluar hasil pemeriksaan swabnya, tetap dikubur sesuai standar protokoler kesehatan dengan menggunakan APD lengkap, ini dalam menjaga tidak terjadi penyebaran Covid-19 maka memang dikuburkan secara standar protokol kesehatan.

“Ya kalau petugas pemakaman sebutkan ada lebih 10 pasien yang dikubur dengan standar Prokes di TPU Muslim Buper Waena ini wajar, karena ada pasien yang meninggal dunia saat itu baru dinyatakan reaktif masih menunggu sampel jadi dalam melaksanakan  pemakaman tetap harus standar Prokes, ada juga yang pasien telah meninggal dunia hasil pemeriksaan Swab keluar ternyata negatif juga ada walaupun sudah dilakukan pemakaman, karena ini demi menjaga keselamatan bersama,”katanya, Jumat (3/7)kemarin.

Diakui, selain itu, memang ada pasien Covid yang meninggal dunia dari Kabupaten Jayapura karena di rawat di Rumah Sakit Kota Jayapura, akhirnya di makamkan di TPU Muslim Buper Waena. Namun ini baru satu orang dan belum ada lagi.(oel/dil/wen)

1 thought on “28 Orang Dikubur Sesuai Protokol Kesehatan

  1. yuuukkk MABAR game dupa88 guuys….
    seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga,
    banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa….
    mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *