Hari Bhayangkara, Kapolda Akan Syukuran di Keerom 

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw didampingi Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki dan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Mapolda Papua, Selasa (30/6). (Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengusung tema “Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif” pada Hari Bhayangkara ke-74 yang diperingati, Rabu (1/7) hari ini.

Terkait dengan tema tersebut, berbagai kegiatan telah dilakukan Polda Papua  kepada masyarakat, mulai dari membagikan sembako, bagi-bagi masker gratis, dapur umum di tengah pandemi Covid-19, rapid test gratis, donor darah hingga kegiatan positif lainnya.

Untuk puncak acara Hari Bhayangkara, Polda Papua akan pusatkan di Kabupaten Keerom. Dirayakan bersama masyarakat setempat dengan meninjau langsung pembentukan Kampung Tangguh di Kampung Warbo Distrik Arso 7, Kabupaten Keerom yang akan dijadikan projek Dirbinmas Polda Papua.

“Agenda kami upacara yang dipimpim langsung presiden secara virtual. Setelah itu kita akan lakukan syukuran di Keerom,” ucap Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw usai memimpin upacara Korps Raport kenaikan pangkat anggota Polri dan ASN Polda Papua periode 1 Juli Tahun 2020 di Mapolda Papua, Rabu (30/6).

Dikatakan, pembentukan Kampung Tangguh merupakan program nasional yang menjadi arahan dari Kapolri yang memerintahkan agar dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 para Kapolda membuat beberapa wilayah, dimana orang-orangnya bisa mandiri dan mengantisipasi dampak dari Covid-19.

“Di Kampung Tangguh ini, warga sendiri membangun kebersamaan mengantisipasi agar tidak terkena dampak Covid-19. Maka daerahnya harus steril, mandiri untuk menyiapkan segala sesuatu dengan membangun potensi alam yang mereka miliki seperti berkebun, beternak, perikanan dan sebagainya,” ucapnya.

Lanjut Kapolda, ada beberapa daerah yang sedang dilakukan upaya-upaya untuk membuat Kampung Tangguh ini. Namun untuk saat ini pemusatannya di Kabupaten Keerom.

“Jadi bertepatan dengan Hari Bhayangkara ini, kami meninjua dan melihat langsung wilayah yang  akan dijadikan projek oleh Dirbinmas. Diharapkan Kampung Tangguh ini mampu menghadapi permasalahan terutama di tengah Covid-19 dan semua hal yang mempngaruhinya,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menyampaikan situasi Papua kondusif menjelang 1 Juli. Anggota tetap rutin melakukan patroli guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kamal menyampaikan, Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif merupakan impian dan harapan dari Polri. Namun, untuk menjaga situasi kondusif bukan hanya menjadi tugas Polri melainkan tugas semua pihak.

“Membangun Kamtibmas dengan selalu  berkomunikasi, sehingga kalau ada permasalahan di  perkampungan, akan diselesaikan Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan kepala desa. Hal ini agar permasalahan tidak semakin membesar,” tuturnya.

Bertepatan dengan Hari Bhayangkaa ke-74. Kamal mengaku Polda Papua terbuka untuk menerima informasi saran dan masukan. Sehingga apa yang terjadi di titik bawah anggota bisa ketahui dan segera mungkin diselesaikan dan tidak bekepanjangan. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *