Pemda Belum Tahu Detasemen Jadi Lanud Tipe C

Jhon Richard Banua, SE, MSi (Denny/Cepos)

WAMENA – Rencana Panglima Komando Opersi TNI AU III yang ingin merubah status Detasemen TNI AU Wamena ke Pangkalan Udara tipe C yang rencananya akan diresmikan oleh Kepala Satuan TNI AU, hingga saat ini belum ada surat pemberitahuan resmi kepada pemerintah Kaupaten Jayawijaya, oleh karena itu pemerintah belum mengetahui secara pasti tentang rencana Tersebut.

  “Untuk merubah Detasemen menjadi Pangkalan Udara Tipe C, memang dulu ada lokasi pembangunan pangkalan itu, namun untuk perubahan status belum ada penyampaian kepada Pemerintah Jayawijaya.”ungkap  Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, Sabtu (27/6) kemarin

   Menurutnya kalau memang ada surat penyampaian resmi yang disampaikan, maka  pemerintah daerah pasti memfasilitasi untuk membangun pangkalan ini. Kalau sekarang belum ada dan pihaknya juga belum mengetahui rencana itu. Diakui  sejak Bandara Wamena ditutup, memang  penerbangan Hercules menjadi pilihan masyarakat, bahkan hingga saat ini.

   “Kami memang belum dapat surat resmi, namun kalau memang ada surat itu kami bisa fasilitasi, karena pemda menyadari penerbangan Hercules ke Wamena cukup membantu masyarakat untuk melakukan aktifitas bepergian dan mengangkut logistik,” jelas Banua.

   Sebelumnya Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara III Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga mengakui jika Kepala Staf TNI AU sendiri telah membentuk dan menaikan status dari Detasemen TNI AU Wamena menjadi Pangkalan Udara tipe C. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *