Hari ini Pasar Youtefa Dibuka, Protokol Kesehatan Wajib Dilakukan

Alat berat tengah membersihkan saluran drainase yang mampet di Pasar Youtefa, selain  dibersihkan penyemprotan desinfektan diseluruh  lapak dan los pedagang juga dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19, Senin (29/6) kemarin. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Hari Selasa (30/6)ini, Pasar Youtefa Abepura sudah mulai dioperasionalkan kembali, setelah dilakukan penutupan sementara untuk penyemprotan desinfektan maupun pembersihan pasar selama tiga hari sejak hari Sabtu lalu.

  Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., mengakui, dengan dilakukan penyemprotan desinfektan di pasar diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di pasar. Selain itu, pasar juga sudah dibersihkan dari sampah yang menumpuk di tempat para pedagang maupun di drainase.

“Saya harap dengan sudah dibersihkannya pasar, pedagang saat masuk berjualan harus terapkan protokol kesehatan, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan air dan sabun, jaga jarak, dan jika pulang ke rumah langsung mandi dan ganti baju,’’katanya, Senin (29/6)kemarin.

Diakui, bagi pedagang yang diperbolehkan jualan juga yang sudah mengikuti rapid test yang dinyatakan negatif dengan mendapatkan kartu warna hijau dari gugus tugas Covid-19 Kota Jayapura, bagi yang reaktif diminta untuk jangan berjualan terlebih dahulu, sambil menunggu hasil pemeriksaan swab jika memang negative tetap akan diberikan kartu warna hijau, jika memang positif tetap akan dilakukan karantina untuk dirawat sampai sembuh.

  Rustan Saru juga meminta kepada semua pedagang untuk bisa memiliki tepat sampah masing-masing, sehingga sampah sisa jualan bisa ditaruh ditempat sampah tidak berserakan, sehingga petugas kebersihan saat mengangkutnya tidak perlu repot-repot lagi, dan pasar dalam keadaan bersih, rapi dan pengunjung datang berbelanja bisa nyaman.Pasalnya, kalau pasar kelihatan jorok tentu pengunjung bisa lebih memilih belanja di supermarket atau swalayan dan tentunya pedagang-pedagang kecil bisa turun pemasukannya.

Sementara itu, dari pantauan Cenderawasih Pos, di pasar Youtefa Abepura, kemarin, pembersihan sampah di pasar maupun drainase masih dilakukan oleh petugas kebersihan baik menggunakan alat berat dan masih dilakukan (dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *