Cuci Pataka, Polda Papua Minta Doa Restu Agar Papua Aman

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw membersihkan Pataka Rastra Samara Polda Papua, di Mapolda Papua, Rabu (24/6) kemarin (Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw pimpinan upacara pencucian pataka Polda Papua di Aula Rupatama Polda Papua, Rabu (24/6). Tradisi Pencucian pataka tersebut dilakukan setiap tahun dalam rangka peringatan Hari Bahayangkara yang jatuh pada setiap tanggal 1 Juli.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menyampaikan, pembersihan Pataka ini hukumnya wajib bagi para anggota Polri. Karena Pataka yang dimiliki Polda Papua mengandung makna bahwa setiap anggota Polri yang ada dibawah jajaran Polda Papua harus mengemban tugas dengan amanah dan sebaik-baiknya.

“Pemaknaan pencucian pataka ini adalah kami para penerus Polri, harus terus berjuang menghargai nilai-nilai luhur para pendahulu kita sehingga Polri dijaman sekarang ini, mampu mejalankan tugas sesuai dengan tupoksinya, dibawah kekuatan dan motivasi lambang-lambang daripada Pataka,” ucapnya.

Dikatakan, selain menjalan tradisi pencucian pataka Polda Papua dalam rangka Hari Bhayangkara, dilakukan beberapa kegiatan-kegiatan sosial yang telah diselenggarakan yaitu donor darah, rapid test dan silahturahmi ke Purnawirawan serta keanggota yang terkena musibah.

“Pencucian pataka ini adalah sebagai tradisi untuk menanamkan nilai-nilai juang sebagai anggota Bhayangkara, karena setiap satuan memiliki panji-panji yang di junjung oleh kesatuan itu sendiri seperti Polda Papua menjunjung Rastra Samara,” ucap Kamal.

Selain itu lanjut Kamal, pihaknya juga melaksanakan ziarah makam dan upacara namun berbeda dengan upacara Hari Bhayangkara sebelumnya. Karena dalam situasi Covid-19, untuk itu pihaknya akan melaksanakan Video Conference melalui layar lebar dan akan diundang beberapa Tokoh masyarakat dan beberapa pejabat utama yang ikut karena keterbatasan yang kita miliki. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *