Seluruh Venue PON Selesai Tahun Ini

Alexander Kapisa (Erik / Cepos)

Rugby  Gunakan Lapangan Trikora Abepura.

JAYAPURA – Seluruh venue yang dibangun oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Peparnas XVI Papua 2021 dipastikan rampung tahun ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa, memastikan progres pembangunan venue saat ini rata-rata mencapai 90 persen.

Kendati demikian, ia pastikan untuk venue yang sifatnya sementara (temporary) belum ada proses pengerjaan. Sebab venue yang bersifat temporary, baru akan dikerjakan jelang pelaksanaan PON Papua di 2021 mendatang.

“Dengan demikian venue yang sifatnya sementara masih nol persen. Tapi kita pastikan secara keseluruhan venue PON akan rampung dalam tahun ini. Sehingga pada 2021 kita lebih fokus pada kegiatan penyelenggaraan,” ungkap Alex sapaan akrabnya via telepon selulernya, Rabu (24/6).

Alex juga memastikan ada pergesaran satu venue di klaster Jayapura, yakni cabor Rugby. Pemindahan itu berdasarkan usulan cabor Rugby yang berkeinginan kuat untuk memiliki venue tersendiri, untuk pengembangan atlet secara jangka panjang.

“Kita bahkan sudah survei di beberapa tempat dan sudah sepakat bahwa cabor rugby ini venuenya di lapangan Trikora Abepura. Koordinasi sedang dibangun kita harap bisa rampung secepatnya,” ujarnya.

Dari data yang diterima Cenderawasih Pos per tanggal 22 Juni, untuk venue yang dibangun oleh dana APBN, venue Aquatic mencapai 96,42 persen, Istora 91,20 persen, Arena Cricket dan Hockey Indoor/Outdoor 99,45 persen.

Untuk arena Sepatu Roda, Panahan dan Dayung yang baru dibangun di tahun 2020 telah mencapai progres 15,37 persen.

Dan untuk penataan kawasan Kampung Harapan pendukung PON XX 2021 mencapai progres 23,31 persen, dan penataan kawasan Doyo Baru mencapai progres 36,69 persen. (eri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *