Kebanyakan Bilang Lupa dan Sebentar Saja

 Petugas Satpol PP memasangkan rompi Orang Kepala Batu kepada seorang warga yang kedapatan tidak mengenakan masker dalam sweeping yang dilakukan di pertigaan Zipur Warna, Selasa (23/6) kemarin

JAYAPURA – Upaya sweeping masker bagi pengguna jalan yang dilakukan Pemkot Jayapura bersama sejumlah jajaran mendapati masih banyak warga yang tak peduli dengan protokoler kesehatan. Sweeping yang dilakukan selama 1 jam ini menjaring warga yang beraktivitas tanpa menggunakan masker. Alhasil mereka yang terjaring langsung diberi sanksi sosial yakni membersihkan jalan termasuk diminta menandatangani surat pernyataan.

“Ini sebagai awal upaya untuk menekan penyebaran, jadi dari Peraturan Wali Kota ini kami coba tertibkan warga yang masih belum menggunakan masker,” kata Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru MM., saat ditemui di pertigaan Zipur, Distrik Heram, Selasa (23/6).

Kata Rustan dari warga yang ditertibkan diminta menggunakan rompi khusus. “Khusus karena ada sanksi sosialnya berbentuk tulisan juga. Tulisannya Orang Kepala Batu karena sudah diingatkan berkali-kali,” jelas Rustan.
Tak sedikit yang menolak namun karena merasa tidak tertib akhirnya mau tidak mau semua yang terjaring akhirnya tetap menyapu.

Informasi yang disampaikan petugas pencatat dari sebagian besar warga yang terjaring kebanyakan menggunakan alasan lupa atau hanya bepergian dengan jarak dekat. “Alasannya kebanyakan dibuat-buat, banyak yang bilang lupa ada juga yang bilang hanya disitu saja tapi alasan apapun selagi kedapatan tidak pakai masker langsung disuruh menyapu,” kata petugas tersebut. Rustan Saru yang juga Wakil Wali Kota Jayapura ini meminta warga mau memahami pentingnya kesehatan saat pandemi Covid dengan melengkapi diri menggunakan masker. “Ini bukan untuk siapa siapa tapi menjaga diri sendiri,” jelasnya.

Pantauan Cenderawasih Pos kebanyakan yang terjaring razia berasal dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Ada juga segerombol anak muda menggunakan mobil pikap yang semuanya tidak mengenakan masker. Lalu bagi penumpang tadi yang tidak menggunakan masker diminta untuk turun dan melapor. Dari total sweeping untuk satu arah di Zipur sendiri diperoleh 31 warga yang tak menggunakan masker. (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *