Sosialisasi PPDB Online Untuk Menyamakan Persepsi dan Meminimalisir Kesalahan

SOSIALISASI_Kadis P & K Dr. Fachrudin Pasolo, M.Si, bersama perwakilan Telkom Papua dan Admin PPDB saat foto bersama dalam kegiatan sosialisasi PPDB online 2020 di tengah Pandemi Corona, di Hotel Yasmin Jayapura, Jumat (19/6). 

Apalagi di tengah Pandemi Corona

JAYAPURA-Dalam rangka pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun ajaran 2020, di tengah masa pandemic Corona di Kota Jayapura.

 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura bekerjasama dengan Telkom Wilayah Papua, melaksanakan rapat koordinasi dan sosialisasi dalam PPDB online 2020 dengan admin/operator PPDB tingkat SMP di Kota Jayapura, berlangsung di Hotel Yasmin Jayapura, Jumat (19/6)kemarin.

 

Kepala Dinas P & K Kota Jayapura Dr Fachrudin Pasolo, M.Si.,mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka memberikan sosialisasi kepada operator atau admin terkait PPDB tahun ajaran 2020.

 

Meskipun sudah 4 tahun telah dilakukan PPDB berbasis online di Kota Jayapura, khususnya untuk tingkat SMP, tapi dari tahun ketahun pasti ada masalah, sehingga Dinas P&K Kota Jayapura melaksanakan sosialisasi PPDB online 2020 bersama Telkom Papua, bertujuan bagaimana untuk menyamakan persepsi dan meminimalisir kesalahan untuk menghindari kendala/ kasus selama ini ada.

 

Misalnya, salah dalam memasukkan siswa muslim ke sekolah yang punya Yayasan Kristen.

 

“ Memang ada sekolah Yayasan yang masih menerima umum, tapi ada juga yang tidak terima umum, seperti Yapis, SMP Al Ikhsan ini hanya siswa muslim tidak siswa kristen yang masuk seperti hal itulah yang dipikirkan juga dalam PPDB online.

 

“Hal lainnya termasuk dalam hal radius juga dipikirkan, jangan sampai yang siswa tinggal dekat sekolah secara zonasi masuk tapi malah tidak diterima atau mereka sekolah di tempat jauh ini juga dibenahi,’’imbuhnya.

 

Diakui, sesungguhnya zonasi ini untuk menghilangkan stigma sekolah favorit, kemudian mendekatkan siswa untuk belajar, mementingkan sisi keamanan, menghindari kerawanan resiko kecelakaan dan lainnya dan ini untuk pemerataan keadilan setiap warga belajar mendapatkan pelayanan yang baik.

 

“Anggap saja sosialisasi ini untuk reviu dan refreshing, sehingga tingkat kesalahan tahun lalu tidak terulang kembali, apalagi PPDB online juga untuk sifatnya lebih objektif dan transparan, dan untuk online juga tidak hanya SMP, namun saat ini sudah ada juga PPDB secara online sudah mulai ada,’’ungkapnya.

 

Ditambahkan, dalam kerjasama ini, Dinas P&K Kota Jayapura menggandeng sinergitas dan kerjasama dengan Telkom karena Telkom mempunyai aplikasi dari sisi kualitas terjamin yang memang sangat obyektifitas dan transparan dalam mendukung PPDB online, makanya harus dengan Telkom.

 

Dan PPDB secara online diserahkan langsung kepada sekolah, supaya tidak ada intervensi dari manapun.

 

Ditempat sama Manajer Bisnis Goverment dan Enterprise Service Telkom Wilayah Papua Johan T. mengakui, Telkom Papua dan Dinas P & K Kota Jayapura sudah bekerjasama selama 4 tahun terkait PPDB online, namun karena ada pandemic ini dilakukan penyesuaian aplikasi,

 

“Saya pada prinsipnya PPDB sudah sangat siap menjalankannya dengan Dinas P & K Kota Jayapura. Kami juga memastikan dalam melakukan PPDB online jaringan selalu baik dan tidak ada kendala dalam sisi akses jaringan atau lainnya, karena selama tidak ada kendala karena bisa diakses secara mobile dan online baik di handphone melalui Web PPDB yang telah dibuat,’’tandasnya.(dil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *