Istora Papua Bankit Akan Pecahkan Rekor Muri

Nampak Istora Papua Bangkit (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit yang berada di kawasan Kampung Harapan Sport Kompleks akan menjadi perhatian seluruh masyarakat Tanah Air. Pasalnya Istora yang dibangun sejak 1 November 2018 itu menjadi Istora terbaik di Indonesia.

Istora Papua Bangkit mengalahkan kemegahan Istora GBK. Sehingga tak heran bila Istora Papua Bangkit akan memecahkan rekor muri dengan konstruksi rangka atap pipa baja dome dengan bentangan terpanjang di Indonesia.

Bangunan yang menghabiskan anggaran APBN senilai Rp. 278 miliar itu saat ini telah mencapai 90,7 persen dan ditargetkan rampung pada bulan September mendatang.

Faris Haqqul Anwar selaku staf teknik PT PP yang mengerjakan pembuangan Istora Papua Bangkit menyebutkan, jika bangunan yang berada di sisi kanan Stadion Papua Bangkit ini juga memiliki field of play 3600 meter persegi, lebih luas dari pada Istora GBK.

Nantinya, Istora Papua Bangkit akan menjadi venue pertandingan cabang olahraga Senam di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 mendatang.

“Bentang dome-nya yang merupakan struktur baja dengan bentang 80 meter, kita sudah daftrakan di MURI nantinya setelah proses bangunan selesai dan pandemi Covid-19 mereda, mereka dari MURI akan hadir disini,” ungkap Faris kepada Cenderawasih Pos saat ditemui dikawasan venue, Jumat (12/6).

Uniknya, Istora yang memiliki daya tampung 8000 kapasitas itu juga menggambarkan buda Papua. Bila dilihat dari luar, desain Istora Papua Bangkit memiliki kemiripan dengan rumah Honai, rumah adat Papua pada.

Venue ini akan menjadi ciri khas khusus, bahwasanya di Papua ada bangunan semegah ini dengan struktur baja,” ujar Faris.

Pasca PON, Istora nantinya dapat difungsikan sebagai bangunan serba guna. Tak hanya mempertandingkan cabang olahraga Senam, tapi cabang olahraga seperti Buku tangkis, Basket, Voli, Futsal, serta beberapa cabang olahraga lainnya.

Tak difungsikan sebagai venue olahraga, tapi Istora juga dapat digunakan melaksanakan kegiatan masyarakat umum, seperti acara keagamaan. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *