Giliran Warga Papua Barat di Jayapura Minta Dipulangkan

Warga asal Provinsi Papua Barat di Jayapura, saat berada Anjungan Sorong di Expo Waena Distrik Heram Kota Jayapura, Sabtu (13/6). Ft. Robert Yewen/Cepos

JAYAPURA- Ribuan warga dari Provinsi Papua Barat (PB) yang ada di Kota Jayapura Provinsi Papua meminta agar segera dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing di Provinsi Papua Barat.

Salah satu putra asli Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, Paul Indouw meminta kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk segera memulangkan warga Papua Barat yang ada di Kota Jayapura ke kampung halamannya masing-masing di Papua Barat.

“Kami minta Pemprov Papua Barat segera pulangkan kami ke daerah kami masing-masing di Papua Barat,” pintanya saat ditemui wartawan di Anjungan Sorong di Expo Waena Distrik Heram Kota Jayapura, Sabtu (13/6).

Kata Indouw, Pemerintah Provinsi Papua Barat jangan pura-pura tidak tahu kalau pihaknya dari Papua Barat berada di Provinsi Papua. Oleh karena itu, dirinya meminta agar segera dipulangkan di daerah asalnya masing-masing di Provinsi Papua Barat.

“Sampai sekarang tidak ada bantuan dari Pemprov Papua Barat kepada kami warga Papua Barat di Provinsi Papua. Oleh karena itu, kami minta agar segera dipulangkan ke daerah kami masing-masing di Provinsi Papua Barat,” tambahnya.

Senada dengan itu, salah satu warga asal Kabupaten Maybrat, Sofia Yumame mengatakan, tidak ada alasan lagi untuk bertahan di Provinsi Papua. Oleh karena itu, hari Senin (15/6) dirinya akan naik kapal untuk kembali ke daerah asalnya masing-masing di Provinsi Papua Barat.

“Kami mohon dengan hormat bapak Gubernur Papua Barat agar segera menyurati Pelni di Provinsi Papua di Kota Jayapura, sehingga hari Senin besok tidak ada alasan lagi, karena kami harus pulang ke Provinsi Papua Barat gunakan kapal yang akan masuk ke Kota Jayapura,” ucapnya.

Yumame menambahkan, warga Papua Barat di Kota Jayapura sudah melakukan pemeriksaan kesehatan rapid test sebanyak tiga kali dan sudah non reaktif atau negatif Covid-19. Oleh karena itu, dirinya meminta Gubernur Papua Barat agar segera memulangkan warga Papua Barat yang ada di Provinsi Papua ke daerah asalnya masing-masing di Provinsi Papua Barat.

“Saya mohon kepada bapak Gubernur Papua Barat untuk segera pulangkan kami ke daerah kami masing-masing di Provinsi Papua Barat,” ujarnya.

Sementara itu, mewakili Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt. Jhon Baransano mengatakan, ada kurang lebih 1.333 warga masyarakat Provinsi Papua Barat yang terkena PSDD (Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat) di Jayapura.
Oleh karena itu, dengan adanya kebijakan relaksasi menuju new normal yang dilakukan oleh Provinsi Papua. Dimana akses transportasi laut dan udara dibuka kembali, maka warga Provinsi Papua Barat yang ada di Jayapura harus dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing di Provinsi Papua Barat sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

“Kami mohon dan mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat, terutama Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat untuk segera mengambil sikap memulangkan mereka ke daerah asalnya masing-masing,” katanya.

Pdt. Baransano mengatakan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Papua telah melakukan pemeriksaan rapid test kepada warga Papua Barat di Jayapura dan puji Tuhan mereka semua dinyatakan tidak sakit atau non reaktif. Sehingga tidak perlu ada ketakutan lagi untuk memulangkan mereka ke daerah asalnya masing-masing di Provinsi Papua Barat.

“Warga Papua Barat yang ada di Jayapura ini sudah tiga kali lakukan rapid test dan sudah dinyatakan sehat atau tidak sakit. Oleh karena itu, saya mohon ini warga dan umat kalian. Bawa pulang mereka ke daerah mereka masing-masing di Provinsi Papua Barat dan bisa hidup di keluarga dan tinggal di rumah mereka sendiri di sana,” ujarnya. (bet/nat)

1 thought on “Giliran Warga Papua Barat di Jayapura Minta Dipulangkan

  1. Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slot online di situs QQHARIAN (bisa cari atau search di google) ya guys. Yang dimana menyediakan Berbagai Bonus baik new member maupun member setia kami. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHARIAN serta ambil bonusnya sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *