Datangani Anjungan Papua, Danjen Kopassus Titip Ini

Danjen Kopassus, Mayjend TNI I Nyoman Cantiasa secara simbolis menyerahkan bantuan paket sembako kepada perwakilan masyarakat asal Papua yang berada di Jakarta dan menjadi terdampak Covid 19. Penyerahan ini dilakukan pada Kamis (11/6) di Taman Mini Indonesia Indah.

JAYAPURA – Tak hanya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menunjukkan kepedulian kepada masyarakat Papua yang berada di rantau dan ikut terdampak dalam situasi pandemi Covid-19.

Sosok lain yang juga menunjukkan rasa peduli adalah Mayjend TNI I Nyoman Cantiasa. Pria yang menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen) Kopassus ini, Kamis (11/6) juga melakukan hal serupa.

Ia memberikan bantuan sosial (Bansos) berupa paket sembako kepada Komunitas Papua di Jakarta. Lokasi penyerahan dihadiri sejumlah tokoh asal Papua di Anjungan Papua di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mantan Kasdam XVII/Cenderawasih ini menyampaikan bahwa bantuan ini untuk meringankan selama Covid.

Apalagi dengan beban sebagai anak adat Manwaren Saereri Papua ia ingin menunjukkan bahwa TNI manunggal dengan rakyat karena berasal dari rakyat.

Abituren Akmil 1990 asal Bali ini mengatakan mewabahnya virus Corona telah berdampak pada berbagai sendi kehidupan terutama kehidupan ekonomi. Termasuk komunitas apa saja. Kondisi ini yang membuat keluarga besar Kopassus hadir.

“Karena kami berasal dari rakyat dan pemberian paket sembako. Ini tentu tidak mengatasi kesulitan namun paling tidak memberi stimulus dan motivasi untuk hidup lebih baik di tengah pandemi,” kata Peraih penghargaan Adhimakayasa ini.

Dalam kesempatan tersebut ia juga berpesan bahwa perbedaan suku, agama dan ras adalah modal berharga untuk menuju masyarakat yang maju sejahtera dalam bingkai NKRI.

“Adalah penting agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jangan terpengaruh dan terprovokasi dengan isu-isu rasial yang sedang berkembang di luar. Indonesia merupakan negara majemuk baik dilihat dari suku, agama,ras dan golongan. Perbedaan harusnya menjadi kekuatan dan jangan justru dijadikan sumber konflik,” imbuhnya.

Mewakili Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya, Cantiasa juga mengapresiasi masyarakat Papua yang ada di Jakarta yang sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Semua untuk memutus rantai penyebaran Covid -19,” imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri Asisten Pemerintahan Wali Kota Jakarta Timur, Ketua Umum Gerakan Rakyat Cinta Indonesia, Hendrik Yance Hendrik Udam dan Direktur Kepamongan IPDN Margaretha Rumbekwan serta sejumlah tokoh Papua lainnya. (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *