Pengedaran Narkotika Menurun di Tengah Pandemi

Iptu Julkifli Sinaga (Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Satuan Reserse Narkoba Polresta Jayapura Kota mencatat, angka penyalahgunaan Narkotika jenis ganja mengalami penurunan di tengah pandemi covid-19.

Sebagaimana data kasus penyalahgunaan narkotika yang ditangani Sat Narkoba Polresta Jayapura Kota sejak maret hingga juni tahun 2019 sebanyak 17 kasus. Sementara data tahun 2020 dengan periode yang sama, sebanyak 10 kasus.

Kasat Narkoba Polresta Jayapura Kota Iptu Julkifli Sinaga menyampaikan, menurunnya angka penyalahgunaan narkotika di wilayah hukumnya dipengaruhi beberapa hal. Salah satunya patroli yang rutin dilakukan adanya Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD).

“Menurut analisi saya ada beberapa faktor yang mempengaruhi angka penyalahgunaan narkotika menurun salah satunya PSDD, karena dengan adanya PSDD akses masyarakat dalam hal ini pemain narkotika yang dibatasi dari jam 2 sampai jam 9 sangat terbatas sehingga mereka sulit untuk bergerak,” terangnya.

Selain itu, ketatnya pengawasan di pos-pos penyekatan juga mempengaruhi akses distribusi barang-barang tersebut. Lanjutnya, patroli yang semakin ditingkatkan dalam menghimbau dan membubarkan masyarakat yang berkumpul menimbulkan ruang bergerak yang cukup sulit bagi para pengedar narkoba dalam mendistribusikan barang.

“Kami akan terus mengawasi gerak-gerik kelompok pengedar Narkotika ini, kami tidak akan memberikan akses kepada mereka untuk mengedar atau penggunakan narkotika di wilayah hukum kami,” tegasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *