TCM Maksimal Periksa 16 Sampel/Hari

dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)

JAYAPURA- Dengan telah mulai difungsikannya alat Tes Cepat Molekuler (TCM) di Nabire, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., menyebutkan bahwa alat tersebut mampu memeriksa hingga 16 sampel per harinya.

“Alat TCM yang mulai difungsikan di Nabire ini memiliki 4 modul. Jadi, jikalau dilakukan pemeriksaan per 2 jam, maka 4 sampel bisa diperiksa. Alat tersebut maksimalnya bisa berfungsi selama 8 jam. Artinya, kalau secara penuh dioperasikan, maka dalam sehari kita bisa memeriksa 16 sampel. Hanya sebatas 16 sampel,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., Selasa (2/6) lalu.

Demikian, kalau dibandingkan dengan alat PCR, sebagaimana dioperasikan di RS Freeport, Klinik Kuala Kencana, Labkesda, maupun Litbangkes, maka sangat jauh, di mana alat PCR mampu beroperasi untuk melakukan pemeriksaan hingga 150 – 200 sampel per harinya.

“Namun, itu bukan menjadi persoalan. Karena pada dasarnya, Nabire telah memiliki sendiri alat untuk membantu pemeriksaan sampel Covid-19,” pungkasnya. (gr/gin)

1 thought on “TCM Maksimal Periksa 16 Sampel/Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *