Jangan Takut Kalau di Rapid Test

Roby Kayame

JAYAPURA – Masyarakat di Tanah Papua diminta tak perlu takut jika ada petugas atau dari tim Gugus Tugas mendatangi salah satu tempat di sekitar perumahan warga untuk melakukan rapid test bagi masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan, Provinsi Papua, Robi Kayame, ia menyatakan petugas yang mendatangi pemukiman warga adalah bertujuan untuk mendeteksi atau mengetahui keberadaan virus itu sendiri, sekaligus untuk mencegah terjadinya penyebaran virus di tengah-tengah masyarakat.

“Peningkatan kasus Covid-19 itu meningkat dimana tergantung tes itu dilakukan secara masif atau tidak, yang ditangkap postif itu kebanyakan orang tanpa gejala (OTG) tapi mereka memiliki virus, maka harus kita periksa,” paparnya.

Dikatakan Kayame, pihaknya belum mengetahui kapan Covid-19 akan berakhir maka semua diharapkan waspada dan tetap hidup sehat. “Satu hal yang kami apresiasi adalah angka sembuh  terus naik dan penemuan dini kasus itu kita bisa dapat cepat sehingga progres positif Covid naik terus,” katanya.

Masyarakat harus dapat melindungi dirinya dan keluarga dengan patuh terhadap peraturan yang diberikan oleh pemerintah. “Saya harapkan masyarakat itu sadar dan periksa kesehatan secara dini supaya dapat mencegah sebelum sakit, jika tahu ada gejala maka cukup istirahat teratur makan makanan bergizi dan berolahraga, hal ini dalam rangka meningkatkan ion tubuh,” katanya.

Ditegaskan Kayame karena makin tinggi penemuan kasus di Papua maka makin berhasil tapi jika masyarakat tidak mau periksa dan tidak mau tahu maka penyakit ini akan menyebar kemana-mana.(oel/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *