Dipulangkan dari PNG, Tujuh TKI Dikawal Ketat

DIKAWAL KETAT: Sebanyak  7 TKI yang kembali dari PNG mendapatkan pengawalan dari aparat TNI-Polri saat tiba pintu PLBN Terpadu Skouw RI-PNG, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Sabtu (30/5).

JAYAPURA- Tujuh orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di negara tetangga  Papua New Guinea, dikawal ketat oleh anggota TNI-Polri saat dikembalikan melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw RI-PNG, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Sabtu (30/5).

Pemulangan 7 TKI tersebut setelah mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari tempat kerja mereka di PNG. Adapun ketujuh TKI asal Indonesia itu masing-masing bernama Jacky Flamboyan, Rukmana, Iwan Setia Handoko, Chusnul Arif, Sudjarwo, Muharram Laupe G dan Tamrin.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas melalui Kapolsubsektor Skouw Iptu Kasrun, SH menerangkan, TNI-Polri yang berada di kawasan perbatasan RI-PNG hanya melakukan pengamanan terkait ketujuh TKI asal Indonesia yang kembali setelah mereka di-PHK.

“Ketujuh WNI ini merupakan TKI yang telah di-PHK di PNG. Proses pemulangan sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19, sehinga baru mendapatkan izin pemulangan oleh pemerintah PNG,” terangnya.

Lanjutnya,  ketujuh TKI itu masuk melalui pintu PLBN di Skouw. Dimana sebelum dilakukan pemeriksaan dokumen, ketujuh TKI ini mendapatkan menjalani protokol kesehatan dengan melakukan rapid tes oleh petugas guna pencegahan Covid-19.

“Ketujuh TKI ini mendapatkan tindakan protokol kesehatan dengan rapid tes di ruang Karantina Kesehatan kantor PLBN Terpadu Skouw. Selain itu, barang bawaannya disemprot disinfektan guna pencegahan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Usai pemeriksaan dokumen dan menjalani protokol kesehatan, ketujuh TKI itu lalu diantar sampai lokasi penginapan di kawasan Abepura. “Semua berjalan lancar, dimana ketujuhnya sekarang menjalani karantina mandiri di tempat penginapannya,” pungkasnya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *