Langgar Batas Waktu, Empat Sopir Nyaris Dimassa

Sopir truk bersama 4 truk yang diamankan di Polsek Karubaga, Sabtu (23/5).

JAYAPURA-Gara-gara melanggar  jam pembatasan aktifitas  sosial, empat sopir truk diamankan di Polsek Karubaga,  Sabtu (23/5). Keempatnya diamankan lantaran mau dibakar sekelompok orang di Jalan Irian, Karubaga, Kabupaten Tolikara.

   Kepala Kepolisian Resor Tolikara AKBP Leonard Akobiarek melalui Kapolsek Karubaga Ipda Ishak. D Okoka menerangkan,  Sabtu (23/5) sekira pukul 09.20 WIT.  Sekelompok orang berkumpul di depan kios  berinisial HJ yang hendak membongkar muatan barang dari truk kemudian diamuk oleh sekelompok orang.

   Hal ini dikarenakan, Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Corona Virus Disease -19 atau Covid -19 telah memasang Portal di Jalan Trans Wamena Tolikara, tepatnya di Desa Minage, Distrik Kubu. Tim Gugus Tugas  telah menetapkan jadwal khusus untuk kendaraan yang boleh masuk ke Tolikara adalah kendaraan yang tinggal di Tolikara. Serta melarang kendaraan dari daerah lain masuk ke  Karubaga Kabupaten Tolikara.

  Agar situasi kondusif, Kapolsek langsung mendatangi TKP, bertemu masyarakat  serta meminta penjelasan masyarakat. Dari penjelasan masyarakat, 4 mobil truk tersebut adalah mobil yang tinggal di wamena.

  “Mobil truk tersebut masuk ke Tolikara melewati portal yang dijaga oleh Tim Gugus tugas Covid-19 yang terdiri dari pihak medis dan TNI-Polri,” terangnya.

   Di mana hari  Sabtu adalah hari libur, yang bukan jadwal yang telah disepakati oleh Tim Gugus Tugas Covid-19, sehingga sekelompok masyarakat marah dan nyaris membakar mobil truk tersebut. “Masyarakat marah karena mereka khawatir mobil truk tersebut dapat saja membawa virus corona ke Kabupaten Tolilara. Karena masuknya empat truk ke Tolikara pada saat libur petugas penjaga portal,”terangnya.

   Kapolsek mengimbau semua pihak yang ada di Kabupaten Tolikara agar tetap menjaga situasi keamanan di karubaga Kabupaten Tolikara aman dan kodusif, serta menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada  anggota Polres Tolikara dan Polsek Karubaga.

   “Kami akan menanganinya secara profesional dan juga akan melakukan koordinasi dengan pihak pihak, baik tim gugus tugas Covid -19 Kabupaten Tolikara. Sehingga mobil truk dan sopir serta muatan yang tidak sesuai surat keterangan dari tim Gugus tugas Kabupaten Jayawijaya, kasus ini sedang dalam penyidikan Reskrim Polres Tolikara,” terangnya

   Empat sopir truk, lanjut Kapolsek masih diamankan di Polsek Karubaga dan dimintai keterangan. Terkait apakah keempatnya akan ditahan, tergantung dari hasil penyidikam Reskrim  yang nantinya akan menggelar perkara serta alat bukti  yang ada. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *