Dua Tenaga Medis Ditembak OTK Saat Mobilisasi Obat-obatan dan APD

Duka Bagi Tenaga Medis di Tengah Pandemi

JAYAPURA- Kabar duka di tengah penanganan pandemi Covid-19. Dua orang tenaga medis yang tergabung dalam tim Gugus Tugas Covid-19 ditembak Orang Tak Dikenal (OTK) di Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya, Jumat (22/5).

Penembakan tersebut menyebabkan Koni Somou, Pegawai Kesehatan Kabupaten Intan Jaya gugur dengan luka tembak di bagian paha. Sementara rekannya Alemanek Bagau, Pegawai Kesehatan Kabupaten Intan Jaya dengan kondisi luka tembak di bagian kaki.

Kapolres Intan Jaya, AKBP. Yuli menyampaikan, jenazah Koni Somau saat ini sedang disemayamkan di Kampung halamannya desa Pogapa, Distrik Komeo. Sementara rekannya Alemanek, sedang mendapatkan perawatan medis di RSUD Nabire.

“Jenazah Koni Somau rencana akan dimakamkan di kampung halamannya, sementara menunggu kesepakatan dari pihak keluarga,” ucap Kapolres Intan Jaya saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Sabtu (23/5).

Pelaku sendiri lanjut Kapolres sedang dalam penyelidikan. Mengingat pihaknya belum mengambil keterangan warga setempat dikarenakan TKP jauh dari Sugapa ibukota Kabupaten Intan Jaya.

“Anggota sedang ke lokasi, langkah yang diambil sementara kita lakukan penyelidikan dan standby serta berkoordinasi dengan Forkopimda setempat,” ucapnya.

Dikatakan, dua tenaga medis yang tertembak saat itu sedang mobilisasi obat-obatan dan Alat Pelindung Diri (APD) dari Sugapa ke daerah Wandai dalam rangka penanganan Covid-19.

“Mereka ditembak saat menjalankan tugas dalam rangka penanganan Covid-19, berjalan dari Sugapa ke Distrik Wandai,” terangnya.

Secara terpisah, Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos menyampaikan belum menerima laporan terkait dengan penembakan tersebut. Namun kemungkinan menurut Sebby, bisa diduga justru TNI-Polri yang melakukan itu, dengan tujuan memojokkan TPNPB.

“OPM dan TPNPB pernah keluarkan pernyataan bahwa mereka melindungi orang-orang yang melayani pencegahan dan pengobatan virus Corona,” kata Sebby. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *