Selundupkan Ganja ke Lapas, Seorang Pemuda Ditangkap

Seorang warga ditangkap petugas Lapas saat menyelundupkan paket ganja ke dalam Lapas narkotika doyo, Selasa (19/5). Ft: Robert Mboik/ceposonline

SENTANI- Seorang pemuda yang berinisial FK warga Kota Jayapura ditangkap petugas sipir Lapas narkotika Doyo Jayapura saat hendak menyelundupkan paket ganja ke dalam lembaga pemasyarakatan doyo, Selasa (19/5), siang.
“Dia ditangkap petugas setelah dicurigai dari gerak-geriknya saat berada di luar pagar lapas, untuk membuang barang kedalam” kata kepala Lapas narkotika Doyo, Basuki Wijoyo saat di temui Cendrawasih pos di Lapas narkotika Doyo, Selasa (19/5), siang.
Dia menjelaskan dari kronologi awal, Pemuda FK ini datang bersama dengan seorang perempuan yang belum diketahui namanya ke lapas narkotika untuk menitipkan barang kepada salah satu narapidana berinisial R. Sesaat sebelum berupaya melakukan penyelundupan barang haram tersebut, FK mondar-mandir sambil telepon di depan tempat parkiran kendaraan Lapas Doyo.
“Kemudian mereka balik kanan ke arah masjid dan dia menurunkan perempuan itu di Masjid yang ada tidak jauh dari Lapas, selanjutnya dia balik kanan lagi menuju pagar lapas,” kisahnya.
Saat itu pelaku FK tidak menyadari jika aksinya itu sudah dipantau oleh petugas jaga di pos 3 yang ada di dalam area Lapas. Petugas kemudian mengontak anggota lainnya melalui HT yang ada di dalam Lapas untuk mengambil tindakan dan menangkap pelaku.
“Tapi karena perempuan ini sudah tahu dia menelpon lagi laki-laki itu suruh kembali dan pada saatnya kembali petugas tidak bisa menghentikan dia karena dia keburu lari menggunakan motor,” jelasnya.
Lanjut dia, tak mau kehilangan jejak target, petugas sipir Lapas kemudian mengejar pelaku dan menangkapnya di areal masjid di Doyo. Pada saat dia ditangkap perempuan sudah lebih dulu kabur menuju Abepura dan melarikan diri.
“Sesaat sebelum FK ditangkap, pelaku sempat menyerahkan barang bukti ke perempuan itu. Namun perempuan sudah membuangnya ke tempat sampah yang ada di sekitar masjid,” bebernya.
Adapun barang bukti yang diamankan petugas, 17 paket kecil, 1 paket sedang , Uang lembar Rp 50 ribu, 1 unit HP Samsung hitam.

Dia menambahkan, kini yang bersangkutan sudah diserahkan ke Polres Jayapura untuk diproses hukum, sedangkan pelaku perempuan sedang dalam pengejaran polisi.
“Menurut pengakuan pelaku, dia baru pertama kali melakukan aksi itu, tetapi nanti itu akan dibuktikan dari hasil pemeriksaan polisi,” tambahbya. (roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *