Heran, Banyak yang Tidak Paham Soal Karantina

Meski telah ditutup ternyata masih banyak warga yang “curi curi” waktu untuk bisa keluar masuk di gang Hamadi Rawa I, Kamis (14/5) kemarin. Ft:Gamel/ceposonline

JAYAPURA -Meski sejumlah kawasan telah ditetapkan sebagai zona merah dan diberlakukan karantina, ternyata masih banyak warga Kota Jayapura yang belum paham protap dari status tersebut. Warga masih keluar masuk dengan berbagai alasan. Ini membuat petugas yang berjaga cukup kewalahan untuk terus mengingatkan.

“Ada saja alasannya dan yang penting keluar dari lokasi padahal namanya karantina ya tidak boleh keluar dan masuk kan disebut karantina,” ujar Bripka Ricard salah satu anggota Polri yang berjaga di Hamadi, Kamis (14/5).

Ia sendiri mengawal pintu di jalan masuk Hamadi Rawa I yang tepat berada di tengah jalur pasar. Warga, kata Ricard meski berada di lokasi karantina ternyata seperti belum siap karena masih sibuk sana sini.

Ini juga dikomentari aktifis sosial Kota Jayapura, Gunawan yang berpendapat bahwa seharusnya dengan status karantina membuat warga lebih banyak berdiam diri di rumah guna memastikan perkembangan virus akan seperti apa. Bukan sibuk mempersiapkan ini itu apalagi yang berkaitan dengan bahan makanan. “Tinggal berkoordinasi dengan RT RW kalau soal bahan makanan dan saya pikor disini peran RT RW sangat penting menjelaskan soal apa dan bagaimana itu karantina,” jelasnya.

Gunawan juga terlihat kesan mengingat meski wilayahnya di karantina ternyata masih banyak warga yang berkumpul. “Ini juga gagal paham. Karantina itu lebih banyak berdiam di rumah. Bukan malah ngerumpi nongkrong bikin kelompok sana sini lalu ngobrol tidak jelas. Kapan mata rantainya mau putus kalau begini,” sindirnya. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *