Mantan Kadis Kominfo Diharapkan Jadi Contoh

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Biak Numfor Lot Yensenem, SE, MSi ketika menerima satu unit kendaraan dinas yang diserahkan oleh mantan Kepala Diskominfo Salmon Yensenem, SE di depan Kantor Bupati, kemarin pagi. (Fiktor/Cepos)

BIAK-Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Biak Numfor Salmon Yensenem, SE yang pensiun bulan April lalu, langsung menyerahkan kendaraan dinasnya, di halaman kantor bupati, Selasa (12/5). Langkah yang diambil oleh Salmon Yensenem menyerahkan kendaraan dinas merek Toyota Innova itu diharapkan   menjadi contoh bagi para pensiunan lainnya.

   Pasalnya hingga saat ini masih ada sejumlah kendaraan dinas yang belum dikembalikan oleh pejabat pensiun dan sejumlah ASN  pensiunan lainnya. Akibatnya, penertiban aset sering menjadi catatan dalam  audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di hampir setiap tahun anggaran.

  “Penyerahan kendaraan dinas oleh mantan Kepala Dinas Kominfo perlu menjadi contoh bagi kita semua ketika akan pensiuan, tentunya bagi pensiunan lainnya juga yang kebetulan menggunakan fasilitas negara dalam hal ini kendaraan. Ya, kalau sudah pensiun perlu dikembalikan,” ujar Sekda Kabupaten Biak Numfor Markus O. Masnembra, SH.,MM, kemarin.

   Sementara kita Kepala Badan Peneglola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Biak Numfor Lot Yensenem, SE.,M.Si mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan pihaknya dalam menarik kembali aset-aset kendaraan tersebut, baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

   “Kepada semua mantan pejabat dan pensiunan yang telah menyerahkan kendaraan dinasnya kaami berikan apresiasi dan diharapkan diikuti pensiunan lainnya, sudah ada puluhan kendaraan dinas telah kami tertibkan, bahkan ada yang dijemput,” katanya.

   Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa hingga saat ini telah berhasil ditarik kembali 46 kendaraan roda empat senilai Rp. 11,33 miliar, sedangkan kendaraan roda dua yang berhasil ditertibkan hanya 5  unit kendaraan dengan nilai sebesar Rp. 94,36 miliar.

   Kendaraan-kendaraan dinas yang berhasil ditertibkan itu  adalah kendaraan mantan pejabat, pejabat non job, mantan anggota dewan dan sejumlah lainnya. Pemerintah Kabupaten Biak Numfor juga masih terus akan melakukan penertiban kendaraan dinas, pasalnya hingga saat ini masih ada cukup kendaraan dinas yang belum dikembalikan.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *