Jika Positif Jangan Menganggap Semua Berakhir

Abisai Rollo SH

JAYAPURA – Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo nampaknya tak ingin kecolongan dengan angka covid 19 yang terus naik. Guna memastikan itu, Selasa (12/5) ia bersama pihak Puskesmas Koya Barat dan Dinas Kesehatan Kota Jayapura  menggelar tes rapid di sekitar kediamannya di Koya Barat Distrik Muara Tami. Sebagian besar yang melakukan tes rapid adalah pekerja yang bekerja padanya namun ada juga warga sekitar dan tercatat ada 100 orang yang mengikuti tes tersebut. Dari hasilnya, pihak medis menyebut ada 4 orang yang dinyatakan reaktif dan langsung diberi catatan.

“Saya pikir untuk memastikan soal kondisi pekerja dan warga sekitar, saya  meminta dinas kesehatan untuk melakukan rapid tes dan ada 100 orang yang diperiksa tadi. Ini juga untuk membantu dinas kesehatan untuk melacak sejauh mana penyebarannya,” kata Abisai Rollo disela-sela tes rapid. Ia menyatakan bahwa dari tes ini bagi yang dinyatakan reaktif ia sendiri tetap mendampingi dan memberi dukungan moril. Yang perlu diketahui oleh warga usai melakukan tes ini jika ternyata hasilnya reaktif maka jangan menganggap semua telah berakhir sebab tes rapid hanya tes awal.

Jika dinyatakan reaktif masih ada tahapan atau proses yang bisa dilakukan untuk penyembuhan. “Jadi jangan menganggap  semua telah berakhir karena ini masih tahap awal. Nanti hasil jelasnya itu setelah melakukan pemeriksaan SWAB jadi jangan langsung down melainkan tetap semangat mengikuti protokoler yang diberikan,” sambungnya. “Kalau semua anjuran atau protokoler dijalankan saya pikir pasti bisa, toh banyak juga yang sembuh,” beber Rollo. Setelah pemeriksaan di tempatnya ini, Rollo juga meminta ada pemeriksaan berikutnya di wilayah Muara Tami agar merata.

Disini Rollo kembali menyampaikan agar siapapun yang dinyatakan reaktif untuk tetap berfikir positif  agar tidak mempengaruhi imun serta melakukan karantina mandiri dan mengkonsumsi makanan bergizi termasuk terus menggunakan masker. “Jadi jangan patah semangat sebab sudah banyak yang sembuh, saya pribadi tetap mensuport agar mereka yang reaktif tidak merasa sendiri melainkan tetap diperhatikan dan melanjutkan ke pemeriksaan swab guna memastikan hasilnya apakah positif atau tidak,” pungkasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *