Tujuh Kampung di Waibu Terima ADK

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si   saat menyerahkan ADK kepada salah satu kepala kampung di Distrik Waibu, Jumat (8/5). (Robert Cepos)

SENTANI-Sebanyak tujuh kampung di Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura telah menerima Alokasi Dana Kampung (ADK) dari Pemkab Jayapura yang diserahkan langsung oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si   di Kantor Distrik Waibu, Jumat (8/5).

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE,M.Si  mengatakan, masing-masing kampung sudah ditetapkan mendapatkan besaran anggaran senilai Rp 100 juta. Bantuan itu disalurkan untuk program ketahanan pangan bagi masyarakat di setiap kampung.

“Kepala kampung jangan bikin Juknis sendiri lagi, ajak masyarakat untuk memanfaatkan alokasi dana yang tersedia untuk pengembangan dan pemanfaatkan sumber daya serta kearifan lokal yang tersedia di masing-masing Kampung,” kata Mathius Awoitauw, Jumat (8/5).

Selain dana Rp 100 juta,  Pemkab Jayapura juga menyalurkan bantuan Sembako kepada masyarakat di 139 kampung dan 5 kelurahan.

Adapun tujuh kampung itu yakni Doyo Baru, Doyo Lama, Kwadewar, Dondai, Sosiri, Kanda, dan Yakonde.

“Bantuan dana melalui ADK yang diterima oleh masing-masing kepala kampung hendaknya dipergunakan dengan sebaik mungkin dalam masa penanganan Covid-19 di kampung masing-masing,” ujarnya.

Untuk itu, melalui dana itu, masyarakat diminta untuk kembali mengelolah sumber daya alamnya, dana ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat dalam pengembangan sumber daya alam yang ada  di kampung.Seperti penyediaan bibit, serta fasilitas penunjang lainnya.

Menurutnya, komoditi unggulan Kabupaten Jayapura adalah kakao, sagu, ikan, sayur mayur. Dengan ADK yang diterima, akan menjadi bekal bagi masyarakat agar tetap bertahan di kampung untuk mengelolah hasil SDA mereka tanpa harus ke kota.

“ Sudah kami perintahkan kepada instansi teknis agar dapat memberikan dukungan kepada masyarakat dengan penyiapan fasilitas penunjang seperti bibit tanaman yang dibutuhkan, termasuk di bidang perikanan dan peternakan,”pungkasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *