Jayawijaya Tambah 4 Orang Positif Covid -19 Sekaligus

Jumpa pers Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua,SE,MSi bersama Wakil Bupati Jayawijaya Matrhin Yogobi SH, M.Hum didamping Kapolres Jayawijaya dan Dandim 1702/Jayawijaya. Denny/ceposonline

WAMENA- Tim Covid -19 Jayawijaya memastikan ada penambahan 4 pesien baru positif corona  usai melakukan pemeriksaan Swab, sehingga kini di Jayawijaya sudah menjadi 5 orang yang positif, namun dipastikan untuk saat ini belum ada penularan lokal yang terjadi di Jayawijaya.

Ketua Tim Covid -19 Jayawijaya Jhon Richard Banua mengakui jika untuk Jayawijaya ada tambahan 4 orang positif sekaligus , sehingga sekarang semuanya 5 orang yang saat ini berada dalam ruang Isolasi RSUD Wamena .

” Kita punya 5 pasien positif dari hasil Swab (fan sekarang )  berada di Ruang Isolasi RSUD Wamena, sebelumnya hanya 1 orang, namun kini ada tambahan 4 orang sekaligus,”bebernya Sabtu (9/5) saat melakukan jumpa pers digedung otonom Wamena bersama Forkopimda Jayawijaya.

Jhon Banua mengaku, 4 orang pasien tambahan ini sebelumnya melakukan rapid tes hasilnya Positif , namun setelah dilakukan swab hasilnya juga sama positif, sehingga mereka diisolasikan semua dan saat ini tim sedang mencari teman-teman dari pasien ini yang bersentuhan langsung dengan yang bersangkutan.

“Kebetulan salah satu pasien ini adalah petugas kami sehingga kami bisa melakukan pemeriksaan kepada petugas yang lainnya untuk memastikan kondisi mereka ,”bebernya.

Usai ada penambahan pasien 4 orang positif, Bupati jayawijaya memastikan besok tim akan melakukan tahapan rapid tes untuk loader atau operator yang menurunkan barang dari pesawat. Dan akan dilakukan seluruhnya karena mereka yang menerima barang langsung dari Jayapura dan Timika.

“Untuk sopir angkot melakukan rapid test , tahapannya akan berjalan karena sebelum pasien yang positif ini masuk itu ada punya riwayat kontak pasien yang positif sebelumnya,”jelasnya

Ia juga memastikan tambahan dari 4 orang ini tak memiliki riwayat dari daerah terpapar, dimana 3 orang dari 4 pasien ini memiliki kontak dengan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif dan lebih dulu dirawat.

“Mudah -mudahan di Jayawijaya tidak ada penularan lokal, karena 4 pasien yang baru ditemukan ini hanya kontak langsung dengan pasien yang dari mengikuti tugas belajar di makasar yang lebih dulu dirawat,”tuturnya

Untuk masalah batasan Waktu aktifitas masyarakat, Jhon Banua mengaku, masih akan dilihat lagi, usai melakukan rapid tes di beberapa tempat , ini yang akan menentukan apakah akan kembali diperketat lagi untuk aktifitas masyarakat.

“Kalau hasil rapid tes dari beberapa tempat itu menujukan ada yang positif lagi maka kita pasti akan lakukan perubahan pembatasan waktu aktifitas masyarakat.”bebernya.

Ia memastikan untuk Orang dengan Pengawasan (ODP) di Jayawijaya ada 15 orang yang akan mengikuti tes rapid, sedangkan Pasien dalam Pantauwan (PDP) ada dua orang yang akan diambil Sampel Swabnya dan yang positif ada 5 orang yang telah dirawat.(jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *