36 Orang di Komplek Pasar Ikan Hamadi Reaktif Corona

Seorang petugas gugus Covid 19 Kota Jayapura tengah mengambil sample darah dari seorang pedagang ikan di Pasar Hamadi Jayapura, Sabtu (9/5) kemarin. Dari hasil pemeriksaan hingga sore kemarin ditemukan 36 warga yang reaktif Covid 19. (Gamel/ceposonline) 

JAYAPURA-Dari 212 warga yang menjalani rapid test di komplek Pasar Ikan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Hari Sabtu (9/5) sebanyak 36 hasil tesnya dinyatakan reaktif.

“Hasil rapid test yang reaktif tetap kami lakukan tes PCR ke Lintbangkes Papua, untuk memastikan 36 orang ini positif Covid-19 atau tidak,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Dr.Ni Nyoman Sri Antari, Sabtu (9/5).

Sementara itu, Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, Ir.H.Rustan Saru, MM., menambahkan, jika sudah ada pasien yang dinyatakan reaktif maka tetap keluarganya harus diisolasi mandiri. Setelah itu warga yang rapid tesnya reaktif akan dilanjutkan dengan pengambilan swab untuk di uji laboratorium dengan metode PCR.

“Kalau hasilnya positif tentu harus dirawat di rumah sakit. Kemudian tim medis langsung melakukan trace untuk mengetahui dengan siapa saja yang bersangkutan pernah kontak. Selanjutnya dilakukan rapid test untuk memutus dan mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Rustan Saru jmenambahkan, nantinya untuk daerah yang zona merah seperti di Hamadi Rawa I dan II, Hamadi Pontong dan Komplek SMAN 4 Entrop Jayapura juga akan dilakukan rapid test. Bahkan akan dikarantiba, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan warga yang tetap akan diberi bantuan bahan makanan oleh pemerintah.(dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *