Seluruh Sopir Angkot di Wamena Direncanakan Ikuti Rapid Test

PMI Jayawijaya saat membagikan cairan disinfektan kepada para sopir Angkot di Pasar Jibama, Rabu (6/5) kemarin.(Denny/Cepos)

WAMENA-Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengugnkapkan bahwa untuk mencegah penularan Covid-19 di tempat angkutan umum, maka Bupati mengimbau  supaya para sopir angkot ini tetap memperhatikan physical distancing atau menjaga jarak penumpang supaya tidak berdesakan. Karena itu, Bupati Jhon minta kepada Dinas Perhubungan untuk melakukan pengawasan.

  “Saya juga ingin melakukan rapid test kepada para sopir angkot yang beroperasi di Wamena dan juga ke distrik -distrik, tapi kita melihat dulu kalau sampai pegawai honorer kita dari Dinas Perhubungan hasil pemeriksaan swabnya positif maka yang pertama kali dicari adalah sopir angkot,”ungkapnya Kamis (7/5) kemarin.

  Ia melihat hasil rapid test dari Pegawai Honor ini menunjukkan reaktif meskipun ia tak pernah keluar dari Wamena. Jangan sampai, karena adanya pembatasan ini dan mereka melakukan sweeping yang kontak langsung dengan sopir angkot, sehingga terpapar corona.  Namun, pihaknya masih menunggu hasil swabnya kalau hasilnya positif maka rapid test untuk sopir angkot akan dilakukan.

  “Ini yang perlu dilihat kalau swabnya positif berarti para sopir angkot ini akan dilakukan rapid test secara masal, karena pekerjaan ini berpotensi untuk penyebaran Covid -19 di Jayawijaya.” jelas Bupati.

   Ia juga memastikan untuk dua   ASN di lingkungan Pemda Jayawijaya yang dinyatakan reaktif dalam pemeriksaan Rapid, sejauh ini sudah dilakukan pengambilan sampel Swabnya, namun masih menunggu hasil karena kebetulan alat untuk menentukan hasil Swab itu habis di Labkesda Provinsi Papua.

  “Sebenarnya kami sudah membeli alat PCR untuk pemeriksaan Swab, hanya saja masih dalam pengiriman,   diharapkan alat ini bisa sampai dengan cepat agar tim medis bisa menggunakannya dalam pemeriksaan swab setiap pasien yang dicurigai Covid -19,”tuturnya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *