861 Warga Distrik Megambilis dan Ilugwa Negatif Covid-19

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH., M.Si., ikut terlibat langsung bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 saat melakukan rapid test bagi warga Distrik Megambilis, Kabupaten Mamberamo Tengah.

MEGAMBIIS-Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) sejak Selasa (5/5) hingga Kamis (7/5) kemarin melakukan rapid test bagi 861 masyarakat di dua distrik yakni Distrik Megambilis dan Ilugwa.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sampel darah yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mamberamo Tengah terhadap 305 masyarakat Distrik Megambilis dan 556 masyarakat di Distrik Ilugwa dinyatakan non reakif (negatif).

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) sendiri ikut terlibat langsung mendampingi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 saat rapid test berlangsung di Kantor Distrik Megambilis.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak mengaku, bersyukur. Sebab dari 861 masyarakat di dua distrik yang ikut dalam rapid tes oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dinyatakan negatif.

Menurutnya, kegiatan rapid tes secara massal bagi masyarakat merupakan satu program pemerintah untuk mengetahui apakah ada masyarakat yang terpapar virus Corona atau Covid-19.

“Rapid test ini dimulai dilakukan pada 27 orang Distrik Megambilis yang masuk dari Jayapura ke Distrik Megambilis beberapa waktu lalu. Kemudian diikuti masyarakat lainnya, termasuk ASN distrik, guru dan petugas medis. Syukur semua dinyatakan negatif,” ujarnya

Bupati RHP mengakui, khusus untuk Distrik Megambilis, memang dari 305 warga dalam pemeriksaan ini sudah dinyatakan negative. Namun akan dilakukan lagi hingga alat rapid test yang seluruhnya berjumlah 500 selesai dipakai.

“Jika nantinya saat pemeriksaan ada yang dinyatakan reaktif, maka akan dilakukan langkah selanjutnya dengan melakukan tes swab. Dengan mengambil dahak untuk diperiksa di Jayapura agar bisa diketahui secara pasti apakah yang bersangkutan sudah terpapar virus Corona atau tidak,” ucapnya.

Pihaknya melakukan berbagai upaya termasuk melakukan rapid test untuk memutus mata rantai virus Corona agar tidak masuk lebih jauh di wilayah Kabupaten Mamberamo Tengah.

Dikatakan, selain melakukan rapid test bagi masyarakat Distrik Megambilis, pada saat bersamaan dilakukan juga tes yang sama bagi masyarakat di lima kampung yaitu Kampung Ilusilimo, Danama, Kalarin, Ilugwa, Wirima di Distrik Ilugwa.

Di sana Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mamberamo Tengah mendatangi langsung masing-masing kampung untuk melakukan rapid test.

Bupati RHP menegaskan, pemerintah daerah melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan melakukan rapid tes lagi bagi masyarakat di tiga distrik lainnya yakni Kobakma, Eragayam dan Kelila.

“Masyarakat di dua distrik sudah melakukan rapid test. Kami akan berupaya agar masyarakat di tiga distrik lainnya yakni Kobakma, Eragayam dan Kelila juga melakukan hal yang sama,” imbuhnya.

Sebelumnya, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah melakukan rapid test bagi 600 ASN Pemkab Mamberamo Tengah di Rumah Sakit Lukas Enembe Kobakma.(Humas/reis/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *