Polda Papua Awasi Napi Asimilasi

Suasana Kota Jayapura yang diambil dari Jayapura City beberapa waktu lalu (Elfira/Cepos)

Sudah Ada Napi yang Dapatkan Asimilasi Kembali Melakukan Aksi Kejahatan

JAYAPURA- Kepolisian Daerah (Polda) Papua bentuk tim untuk awasi eks narapidana yang dibebaskan melalui program Asimilasi Kementrian Hukum dan HAM RI sejak awal April lalu.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan satuan tugas untuk melakukan pengawasan terhadap para narapidana yang mendapat asimilasi dari lembaga pemasyarakatan.

“Kami sedang siapkan satuan tugas terpadu untuk melakukan pengendalian dan pengawasan  terhadap upaya-upaya yang akan dilakukan mereka ini (eks napi-red),” ucap Kapolda kepada wartawan di Mapolda Papua, Senin (4/5) malam.

Adapun pengawasan yang dilakukan kepada eks napi tersebut lantaran di Kabupaten Nabire, Kabupaten Jayapura bahkan Kota Jayapura. Sudah ada eks narapidana yang mendapatkan asimilasi kembali melakukan aksi kejahatan.

Menurut Kapolda, gangguan kriminal secara  kuantitatif di wilayah hukum papua menurun. Tapi kualitasnya sejak minggu keempat dan minggu kelima mulai menunjukan kualitas. Misalkan, terjadinya begal dan pencurian dimalam hari.

“Ini akan kami awasi, apakah hal ini ada relevansinya dengan pembebasan napi asimilasi atau tidak. Mengingat dengan kondisi seperti ini mereka tidak punya pekerjaan makanya melakukan aksi kejahatannya kembali,” jelasnya.

Lanjut Kapolda, dengan kondisi pembatasan saat ini memungkinkan tingkat kejahatan akan meningkatkan. Sehingga itu, dirinya menghimbau masyarakat untuk waspada serta meningkatkan siskamling di setiap pemukiman masing-masing.

“Dengan adanya  pembatasan, kejahatan akan meingkat. Sehingga itu, warga tetap  waspada dan tingkatkan Siskamling di wilayahnya masing-masing, pengamanan rumah dan sarana yang  mereka anggap penting untuk diamankan,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *