Dinkes Papua Datangkan 25.000 Alat Rapid Test 

Roby Kayame

JAYAPURA – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mendatangkan sebanyak 25.000 alat rapid test dari target 50.000 rapid tes yang direncanakan.

Kepada Media Kepala Dinas Kesehatan Papua Roby Kayame menjelaskan, ribuan alat rapid test didatangkan guna deteksi dini COVID-19 di masyarakat.

“Kami sudah mendatangkan 25.000 alat rapid test dan dalam waktu dekat juga kita akan datangkan 25.000 unit lagi, sehingga target 50.000 sesuai perintah bapak Gubernur Papua, Lukas Enembe bisa terpenuhi,” katanya kepada media di RS Dian Harapan, Sabtu, (3/5).

Kini, kata dia, pihaknya mendorong Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura telah melakukan “one the job treaning” sehingga beberapa daerah ini bisa melaksanakan pemeriksaan kesehatan melalui alat rapid test.

“Kami sedang mendorong beberapa kabupaten di pedalaman Papua karena tingkat resiko cukup tinggi disana sehingga tim kesehatan provinsi bergeser ke kabupaten di pegunungan dan pesisir mereka disana siap menghadapi COVID-19,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya mengaku senang karena pasien COVID-19 di Timika tinggi sehingga pihaknya bisa cepat memutuskan mata rantai penularan COVID-19.

“Di Timika banyak orang tanpa gejala yang kita tangani dan pengobatan pun secara dini sehingga tidak harus melalui ventilator,” katanya.

Hingga kini, tambah dia, dilaporkan bahwa 80 persen penderita COVID-19 di Timika keadaan umumnya baik dan diharapkan sabar pasti badai ini akan berlalu, (oel).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *