Bupati  Befa Tinjau Jalan Longsor di Tigime

Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE, M.Si saat berjalan meninjau jalan longsor di Distrik Gelok Beam, Sabtu (2/5)

TIOM-Akses jalan dari Wamena ke Distrik Tiom  Kabupaten Lanny Jaya tepatnya di Kampung Tigime Distrik Gelok Beam mengalami longsor hebat, akibat intensitas curah hujan yang meningkat beberapa minggu terakhir. Patahan tanah dari atas bukit di belakang pemukiman dan Kantor Kampung Tigime menyebabkan bangunan kantor, pemukiman warga dan beberapa fasilitas umum rusak berat.

   Termasuk jalan raya dan jembatan yang baru saja dibangun mengalami rusak berat. Jalan Sepanjang 300  meter dan  3 buah jembatan rusak parah.  Longsor ini menyebabkan jalan penghubung dari Wamena menuju Lanny Jaya nyaris terputus.

  Bupati lanny Jaya  Befa Yigibalom,  SE, M.Si turun lapangan dan memeriksa kondisi jalan tersebut dan ingin memastikan kondisi jalan tersebut masih layak digunakan atau tidak. Saat turun ke lokasi, Bupati Befa didampingi Ketua DPRD Lanny Jaya Tanus Kogoya, S. Pd dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lanny Jaya, Tan Wanimbo, S.Sos, melakukan pertemuan dengan kepala kampung, tokoh masyarakat, gereja dan masyarakat setempat untuk mencari solusi guna melakukan perbaikan.

  Di hadapan Pemerintah Daerah masyarakat menyerahkan tanah yang siap digunakan sebagai jalan guna membuka jalan darat yang baru.  Menurut Befa,  kondisi jalan yang ada sekarang sudah tidak mungkin diperbaiki karena patahan dan longsor yang terjadi sangat parah.

“Dua pekan yang lalu baru saja diperbaiki oleh tim dinas PUPR untuk melewatkan rombongan kendaraan logistik sembako untuk masyarakat, jatah beras untuk ASN dan logistik kesehatan dalam rangka penanganan Covid-19 namun sekarang mengalami kerusakan yang lebih parah maka harus kita carikan solusinya,” ungkap Befa saat mengunjungi jalan tersebut, Sabtu (3/5).

  Bupati Befa berharap Balai Jalan dan Jembatan Wilayah Papua dalam hal ini Satker Balai Jalan dan Jembatan Wamena agar segera bergerak cepat untuk membuat jalan baru di punggung bukit agar dapat digunakan untuk pelayanan masyarakat ditengah terjangan Covid-19.

   Dalam kegiatan turlap ini Befa yang menjabat Bupati Lanny Jaya selama dua periode ini sekaligus memeriksa pos-pos jaga akses masuk ke Lanny Jaya. Befa memeriksa kebutuhan petugas jaga di perbatasan termasuk alat penerangan, bama dan alat alat kesehatan bagi petugas kesehatan.(Humas/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *