Boaz Layak Main di Liga Eropa

Boaz Solossa (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Gelandang Persipura Jayapura, Takuya Matsunaga terpukau dengan bakat yang dimiliki oleh rekan timnya Boaz Solossa. Gelandang berpaspor Jepang itu menilai, pemain sekelas Boaz Solossa layak bermain di Liga Eropa.

Nama Boaz Solossa memang menjadi pesepakbola yang air dengan segudang prestasi individu dan telah menorehkan deretan juara bersama tim Persipura Jayapura dan tim nasional.

Namanya mulai mencuat saat menjadi top skor PON 2004 silam dengan 10 golnya bersama sepakbola PON Papua. Penampilan Boaz Solossa langsung mencuri perhatian pelatih timnas Indonesia Peter White kala itu yang kemudian membawanya menuju Piala Tiger 2004 saat Boaz berusia 18 tahun.

Pada tahun 2005, Boaz berhasil menembus skuad tim senior. Bakat Boaz Solossa sebagai pesepakbola menjadikan namanya sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah lahir dari bumi Papua.

Hingga sampai saat ini, Boaz berhasil hattrick sebagai pemain terbaik dan top skor Liga Indonesia. Boaz sebagai pemain lokal mampu bersaing dengan striker asing jempolan.

Selain menjadi andalan lini depan Mutiara Hitam sejak muda, Boaz Solossa juga memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Pria yang akrab dipanggil dengan sapaan “Bochi” itu pun menjabat kapten Persipura Jayapura pasca kepindahan Eduard Ivakdalam.

Selain tajam dalam mencetak gol, Boaz Solossajuga memiliki kecepatan tinggi dan olah bola mumpuni sebagai penyerang berkekuatan kaki kidal. Sudah ratusan gol ia ciptakan untuk Persipura Jayapura selama berkarier di lapangan hijau.

Segudang prestasinya pun tercium hingga ke benua Eropa. Saat tahun 2011 lalu Boaz sempat diminati dua tim Eropa, yakni Cesena dari Liga Italia dan VVV Venlo di Liga Belanda, namun sayang semua tawaran tersebut tak pernah ia gubris dan memilih setia bersama Persipura.

Boaz juga sempat membuat pemain sekelas Cavani dan Luis Suarez tercengang. Saat Timnas Indonesia mendapatkan tandatangan dari Semifinalis Piala Dunia 2010, Uruguay.

Laga uji coba yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Oktober 2010 silam. Para punggasa Timnas Uruguay sempat terdiam saat Boaz Solossa mencetak gol di menit ke-18.

“Dia bisa bermain liga Eropa pasti, Boaz memainkan sepakbola dengan iramanya sendiri. Dan itu tidak bisa dihentikan dengan mudah,” ungkap Takuya Matsunaga kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Minggu (3/5) siang kemarin.

Kata Takuya, sejak mendaratkan kakinya bersama Kalteng Putra sejak tahun 2019, ia mengaku banyak mendengar tentang prestasi Boaz Solossa.

“Seperti semua orang tahu dia adalah salah satu pemain paling sukses di Indonesia. Bukan hanya Persipura, untuk tim nasional juga. Saya tahu tentang dia sejak saya bermain Kalteng Putra,” ujarnya.

“Saya menyaksikan pertandingan Persipura, dia (Boaz) pemain yang sangat cepat dan pintar. Sekarang saya rekan satu tim dengannya, saya sangat senang tentang itu karena bermain bersama orang hebat,” Pungkasnya.(eri/gin)

1 thought on “Boaz Layak Main di Liga Eropa

  1. lindungi diri dan keluarga tercinta dari #covid19 cukup #dirumahaja bantu utk memutus rantai wabah virus corona dgn main game online di QQHarian (cari atau seacrh di google yaa). selain utk mengusir kejenuhan karna ga bisa kemana-mana juga bisa jadi pemasukan atau uang tambahan selama masa pandemi virus corona ini guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *