Irwasum dan Kabaintelkam Dimutasi

Sembilan Kapolda Ikut Digeser

JAKARTA, Jawa Pos– Polri melakukan mutasi ratusan perwira tinggi dan perwira menengahnya kemarin. Jabatan tertinggi yang dimutasi adalah Irwasum dan Kabaintelkam. Sembilan posisi Kapolda juga mengalami pergantian.

Terdapat lima telegram mutasi kali ini Yakni, ST/1378/V/KEP/2020, ST/1379/V/KEP/2020, ST/1380/V/KEP/2020, ST/KEP/1381/V/KEP/2020/, ST/KEP/1382/V/KEP/2020, dan ST/KEP/1383/V/KEP/2020. Dalam telegram itu disebutkan, Komjen Agung Budi Maryanto menggantikan Komjen Moechgiyarto di posisi Irwasum. Posisi Kabaintelkam yang ditinggalkan Komjen Agung Budi diisi oleh Irjen Rycko Amelza Daniel.

Posisi Kapolda Jawa Tengah yang ditinggalkan Irjen Rycko lalu diisi oleh Brigjen Ahmad Lutfi yang saat ini menjadi Wakapolda Jawa Tengah. Selanjutnya, ada Kapolda Jawa Timur yang diisi oleh Irjen Fadil Imran, menggantikan Irjen Luki Hermawan yang diamanati menjadi Wakalemdiklat. Posisi Kapolda Sumatera Selatan juga diisi oleh Irjen Eko Indra Heri yang menggantikan Irjen Priyo Widyanto.

Lalu, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Ilham Salahudin akan digantikan Brigjen Dedi Prasetyo.  Kapolda Banten Irjen Agung Sabar Santoso juga digeser menjadi Anjak Utama Baharkam Polri. Jabatan Kapolda Banten diisi oleh Irjen Fiandar, yang sebelumnya menjadi Gubernur Akpol.

Terus ada Kapolda Bengkulu Irjen Supratman yang digantikan oleh Brigjen Teguh Sarwoni. Lalu,  Irjen Andap Budhi Revandoko digantikan oleh Irjen Aris Budiman di posisi Kapolda Kepulauan Riau. Irjen Andap dimutasikan ke Kementerian Hukum dan Ham. Kapolda Kalimantan Selatan juga bergeser dari Irjen Yazid Fanani menjadi Irjen Nico Afianta. Lalu Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Tomsi Tohir digantikan oleh Irjen M. Iqbal, yang sebelumnya menjabat Kadivhumas.

Kadivhumas Polri Irjen M. Iqbal menuturkan mutasi tersebut merupakan penyegaran dan tour of duty. Dengan tujuan meningkatkan kinerja Korps Bhayangkara. “Terima kasih dan doakan semoga amanah ya,” ujarnya kemarin.

Lalu, posisi Kadivhumas diisi oleh Brigjen Argo Yuwono yang saat ini menjabat Karopenmas Divhumas Polri. Argo meminta agar masyarakat mendoakannya. “Ya, ini amanah,” terang Mantan Kabidhumas Polda Metro Jaya tersebut.

Di luar posisi internal Polri, juga ada posisi Kepala Badan Nasional Penanggulanan Teror (BNPT) yang bergeser, dari Komjen Suhardi Alius ke Irjen Boy Rafli Amar. Komjen Suhardi Alius lalu manjabat sebagai Anjak Utama Bareskrim Polri.

Sementara itu, beredar kabar terkait rencana pelantikan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan HAM dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) baru. Dua jabatan itu diisi perwira Polri aktif. Yakni Irjen Andap Budhi Revianto (irjen kemenkum HAM) dan Irjen Reynhard Saut Poltak Silitonga sebagai dirjenpas.

Pihak Kemenkum HAM belum mau berkomentar soal rencana pelantikan tersebut. Namun, berdasar sumber internal Jawa Pos di Kemenkum HAM menyebut dua perwira tinggi polisi itu rencananya dilantik pada Senin (4/5) mendatang di Graha Pengayoman Kemenkum HAM.”Informasinya (pelantikan dua perwira polisi) mendadak,” ujar sumber tersebut. (Idr/tyo/JPG)

1 thought on “Irwasum dan Kabaintelkam Dimutasi

  1. merasakan jenuh atau bosan karna #dirumahaja dan ga bisa kemana-mana? QQHARIAN bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda guys.! bisa cari atau search di google ya 🎮🎲♥♠♣🤙

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *