Dubes Arab Saudi Sampaikan Perkembangan Masjidilharam dan Nabawi

JAKARTA, Jawa Pos – Umat muslim di penjuru dunia, termasuk Indonesia, terus memantau perkembangan Masjidilharam dan Masjid Nabawi. Khususnya setelah ada kabar bahwa dua masjid suci itu akan dibuka kembali dalam waktu dekat.

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi mengatakan terus mengikuti perkembangan informasi dari Lembaga Tinggi Urusan Dua Masjid Suci (Masjidilharam dan Masjid Nabawi). ’’Semoga dalam waktu dekat kabar (dibukanya kembali Masjidilharam dan Masjid Nabawi, Red) tersebut benar-benar terealisasi,’’ katanya saat peresmian program Buka Puasa Pelayan Dua Kota Suci 1441 H di Jakarta kemarin (1/5).

Program tersebut merupakan agenda rutin Kerjaan Arab Saudi di Indonesia maupun penjuru dunia. Biasanya paket bantuan yang diberikan hanya kurma. Tetapi khusus tahun ini Kerajaan Arab Saudi juga memberikan paket sembako untuk membantu dampak Covid-19.

Lebih lanjut Esam Abid Althagafi mengatakan langkah pembukaan kembali Masjidilharam di kota Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, nantinya dilakukan secara bertahap. Prosesnya berjalan terus hingga nanti dapat kembali menyambut para jamaah umrah maupun ibadah haji. Dibukanya kembali Masjidilharam dan Masjid Nabawi nanti juga tetap menerapkan prosedur yang ketat untuk memastikan bahwa para jamaah benar-benar terbebas dari virus korona.

Dalam kesempatan itu Esam Abid Althagafi juga menyinggung pelaksanaan haji 2020. Dia menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada pengumuman resmi terkait pelaksanaan ibadah haji. ’’Apabila telah ada kepastian terkait hal tersebut, pasti kami akan segera menyampaikan kepada semua pihak,’’ jelasnya.

Sebelumnya jajaran Kementerian Agama (Kemenag) menyambut gembira kabar bakal dibukanya kembali Masjidilharam dan Masjid Nabawi. Wamenag Zainut Tauhid Saadi mengatakan kabar tersebut tentu membahagiaan bagi bangsa Indonesia. ’’Khususnya bagi para calon jamaah haji,’’ jelasnya. Dia optimis haji tahun ini tetap diselenggarakan.

Zainut menjelaskan pemerintah Indonesia akan terus memantau dan mencermati perkembangan di Arab Saudi. Kemenag juga sudah menyiapkan berbgai pilihan atau opsi terkait pelaksanaan haji di tengah wabah Covid-19. Dia menegaskan baik pemerintah Arab Saudi dan Indonesia pasti akan mengambil kebijakan yang baik dan demi kemaslahatan semuanya.

Kabar bakal dibukanya kembali Masjidilharam dan Masjid Nabawi sebelumnya disampaikan oleh Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais. Dia saat ini dipercaya menjadi Presiden Masjidilharam dan Masjid Nabawi. Dia menyatakan Masjidilharam akan dibuka kembali untuk pelaskanaan tawaf dan salat wajib. ’’Saya membawa kabar baik kepada Muslim dunia bahwa aktivitas ibadah di Masjidilharam dan Masjid Nabawi segera bisa normal kembali,’’ katanya. (wan/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *