Belum Ada Laporan Karyawan Dirumahkan

MERAUKE-Kendati  banyak  perusahaan yang  terdampak akibat   pandemi  Virus Corona,  namun sampai sekarang   ini,  Dinas Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Merauke  belum   menerima  laporan adanya   karyawan  yang  dirumahkan  apalagi   di PHK.     

  “Sampai  hari  ini,  pertanggal  30  April   2020, kami  belum menerima   adanya  karyawan   yang   dirumahkan  apalagi  di-PHK. Itu bisa menandakan  bahwa usaha di Merauke  masih  bisa   berjalan. Kita   juga  tidak bisa menutup  mata bahwa  dengan adanya pandemi  Corona ini   telah berdampak  pada  berbagai   usaha  tidak  hanya  di Merauke  tapi  seluruh Indonesia,’’ kata  Kepala Disnakertrans  Kabupaten Merauke  Keliopas Ndiken, S.STP,  saat     ditemui  Cenderawasih Pos di    kantornya, Kamis   (30/4).   

  Meski   di tengah  Cvovid-19  tersebut, namun    untuk  pembayaran  tunjangan  hari raya  (THR)   harus  tetap dibayarkan oleh  dunia  usaha kepada  karyawannya. ‘’Ketentuan  tetap  harus dilaksanakan. Kewajiban perusahaan untuk  membayar   THR  tetap dilaksanakan,’’ katanya.

  Namun   lanjut  mantan  kepala dinas  Pemberdayaan Masyarakat Kampung  Kabupaten Merauke  ini, apabila    perusahaan   tidak   mampu  membayar THR  kepada  karyawannya  maka  harus dilaporkan kepada  pihaknya. ‘’Nanti     kita akan melakukan   pengecekan,’’ jelasnya.

   Namun    diakui Keliops  Ndiken  bahwa  pandemi   Corona  ini  telah  memberi dampak   yang sangat  besar bagi   dunia  pariwisata  terutama perhotelan.   Hampir semua  hotel  di Merauke   untuk  sementara tidak operasional karena  tidak ada tamu atau nginap.    Begitu  juga  bagi perusahaan yang   sudah membayarkan  THR  harus  melaporkan  kepada  Disnakertrans,  termasuk besaran yang  telah dibayarkan.  Ditanya   soal  perusahaan  perkebunan   kelapa sawit  di Merauke,   Keliopas mengungkapkan  bahwa  sampai  hari ini  juga  belum adanya   laporan  terkait  pengurangan  karyawan   dampak  dari  pandemi Covid-19  tersebut. Diketahui,   sejumlah perusahaan  perkebunan   kelapa sawit  yang beroperasi di   Merauke   telah mempekerjakan puluhan ribu tenaga kerja.  (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *